Sebelum Dikeruk, Gubernur Tinjau Bendungan Plara

KabarNTB, Sumbawa — Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (Doktor Zul) bersama jajarannya dilingkup Pemprov NTB, terjun langsung meninjau bendungan Plara Kecamatan Lunyuk Sumbawa, Senin 8 April 2019.

Kunjungan Gubernur kali ini bertujuan untuk memastikan kondisi bendungan sebelum dilakukan pengerukan atau normalisasi.

Doktor Zul menjelaskan pentingnya dilakukan normalisasi atau pengerukan Bendungan Plara, menginggat saat ini kondisi bendungan sudah mulai mendangkal akibat sedimentasi yang semakin tinggi.

Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, disambut masyarakat saat meninjau lokasi Bendungan Plara Kecamatan Lunyuk, Sumbawa

“Jika dilakukan normalisasi atau pengerukan, maka bendungan yang sangat strategis ini, selain sebagai sumber irigasi yang mampu mengairi 2.543 hektar lahan pertanian, juga baik untuk lokasi budidaya ikan dan sebagai objek wisata oleh masyarakat di Kecamatan Lunyuk,” ujar Doktor Zuk.

Untuk menjaga agar bendungan tidak terjadi sedimentasi, Gubernur meminta masyarakat untuk terus menjaga dan melestarikan lingkungan, agar terhindar dari bahaya longsor yang mengakibatkan sedimentasi Bendungan Plara menumpuk.

“Pemerintah Provinsi NTB akan memprioritaskan pengerukan bendungan, untuk peningkatan kapasitas debit air, dengan demikian masyarakat bisa melakukan penanam padi tiga kali dalam setahun,” demikian Gubernur.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.