Seluruh Desa di KSB Serentak ‘Tabuh Genderang Perang’ untuk Kemiskinan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Seluruh desa di Kabupaten Sumbawa Barat secara serentak melaksanakan deklarasi pengentasan kemiskinan, Kamis pagi 9 Nopember 2017.

Deklarasi yang dilaksanakan di masing-masing desa itu, dilaksanakan oleh 57 desa di delapan kecamatan, plus enam kelurahan dalam kota Taliwang.

Pantuan KabarNTB di desa Sapugara Bree Kecamatan Brang Rea, deklarasi iti dilaksanakan denga penandatanganan berita acara hasil berivikasi dan validasi data ditingkat desa tahun 2017 oleh kepala desa setempat dan diikuti oleh para ketua BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, perwakilan masyarakat, agen PDPGR tingkat desa dan koordinator pengentasan kemiskinan untuk desa Sapugara Bree.

Dari berita acara, diketahui, data dasar yang digunakan dalam proses verifikasi dan validasi data adalah Basis Data Terpadu (BDT) Tahun 2015 yang diterbitkan Kementerian Sosial. Untuk desa Sapugara Bree, jumlah pendusuk miskin yang tercatat dalam BDT itu sebanyak 197 jiwa.

Suasana deklarasi pengentasan kemiskinan di Desa Sapugara Bree yang dipimpin Kades setempat, Andi Subandi

Namun setelah dilakukan verifikasi dan validasi (point 3 berita acara) jumlah penduduk miskin didesa tersebut sesuain
kriteria/indikator yang ditetapkan Pemerintah Dserah, hanya sebanyak 6 ( enam) jiwa.

Kriteria/indikator itu disusun berdasarkan kombinasi kriteria kemiskinan yang disempurnakan BPS Tahun 2011 dan Keputusan Menteri Sosial Nomoe : 46 /HUK/2013 tentang kriteria fakir miskin dan orsng tidak mampu.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin kepada KabarNTB usai memantau pelaksanaan deklarasi disejumlah desa, menyatakan apresiasi atas kekompakan seluruh desa yang memiliki semangat yang sama dan kesatuan gerak untuk memerangi kemiskinan.

Sementara Kepala Desa Sapugara Bree, Andi Subandi, menyatakan apresiasi atas pelaksanaan sejumlah program pengentasan kemiskinan melalui Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) oleh Pemda Sumbawa Barat.

“Dari proses validasi dan verifikasi data ini, hasilnya menunjukkan program PDPGR berkontribusi sangat positif untuk penurunan angka kemiskinan di desa,” ucapnya.

Selain deklarasi seluruh desa, rencananya deklarasi akan berlangsung di seluruh kecamatan pada Jum’at 10 Nopember dan diakhir dengan deklarasi tingkat Kabupaten pada 23 nopember 2017.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.