Sempat Dialihfungsikan jadi Penggilingan Padi, Pasar Sekongkang Mulai Ditata

KabarNTB, Sumbawa Barat – Setelah beberapa bulan diaalihfungsikan menjadi tempat penggilingan padi, pasar Sekongkang yang berlokasi di Desa Kemuning Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat kini mulai ditata. Puluhan PKL yang menempati bahu jalan akan direlokasi ke dalam kios pasar.

Kepala Desa kemuning,Husni Tamrin, mengatakan sedikitnya ada 50 pedagang yang menempati bahu jalan. Semua pedagang dimaksud sudah sepakat untuk mengisi kios dalam pasar.

“Beberapa kali pertemuan pemerintah Desa Kemuning dengan pedagang, semua sepakat akan menempati kios yang disiapkan,” ujar Husni Tamrin, Rabu 15 November 2017.

Menurutnya, pasar yang di bangun PT.NNT beberapa tahun lalu itu, terlalu luas, sedangkan pedagang hanya beberapa saja yang menempatinya. Sehingga antara pemerintah desa dan pihak PT.NNT  saat itu, sepakat untuk mengganti bangunan pasar yang dijadikan tempat penggilingan padi tersebut,dengan bangunan yang baru yang sesuai dengan kapasitas pedagang yang akan menghuninya,

“Sementara menunggu proses pembangunan pengganti, kami pemerintah Desa megarahkan para pedagang untuk menempati ruko yang ada di bundaran Desa.Namun pedagang lebih memilih dekat dengan pasar dan berdagang di bahu jalan,” tambah Husni Tamrin.

Sementara itu Camat Sekongkang, Sarifuddin, membenarkan perihal pengalihan fungsi pasar dan pembangunan ruko yang baru oleh PT.NNT.

“Namun karna saat itu masa transisi PT.NNT ke PT.AMNT pembangunan tersebut agak terhambat dan saat ini pembangunanya telah rampung. Pedagang akan segera di relokasi ke bangunan yang baru,” ujarnya.(Aw)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.