Sulit Dapat Pekerjaan di PTAMNT, Puluhan Pengusaha Lokal Sumbawa Mengadu ke DPRD

KabarNTB, Sumbawa – Puluhan pengusaha lokal di wilayah selatan Kabupaten Sumbawa mengadu ke DPRD setempat terkait sulitnya akses mereka untuk mendapatkan pekerjaan di PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT), Kamis 7 Februari 2019.

Para pengusaha lokal dari wilayah Ropang, Lantung dan Moyo Hulu yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Lokal itu, dalam hearing dengan perwakilan PTAMNT yang difasilitasi Pimpinan DPRD dan dihadiri Kadisnakertrans serta pejabat Bidang Ekonomi Setda Sumbawa, meminta agar diberikan kemudahan akses sebagai suplier di proyek eksplorasi yang sedang dilaksanakan PTAMNT di Kawasan Dodo Rinti.

Terdapat tiga point tuntutan asosiasi pengusaha lokal yang dibacakan Fery Irawan sebagai perwakilan. Tuntutan itu, antara lain : Perusahaan tidak mempersulit Asosiasi untuk mendapatkan pekerjaan dari perusahaan, meminta perusahaan memperbaiki Akses jalan Ropang – Lantung dan membangun base camp di kecamatan Ropang, mengingat saat ini PT. AMNT tidak lagi melakukan sosialisasi sehingga masyarakat tidak mengetahui detail kegiatan di kawasan Dodo Rinti.

Suasana hearing pengusaha lokal wilayah selatan Sumbawa dengan perwakilan PTAMNT, DPRD dan Disnakertrans

“Kontribusi juga tidak jelas, perusahaan seolah-olah mengabaikan masyarakat setempat Karena selama ini kami mendukung kegiatan eksplorasi serta kegiatan lainnya,” uja Fery.

Selain itu, PTAMNT juga diminta lebih memprioritaskan wilayah sekitar, terutama masyarakat Ropang yang sangat berdekatan dengan lokasi operasional perusahaan.

Menanggapi tuntutan tersebut, perwakilan Manajemen PTAMNT, Ahmad Salim menegaskan, perusahaan tidak pernah mempersulit pengusaha lokal. Bahkan dalam prinsip bisnis, semakin banyak perusahaan menawarkan barang dan jasa maka akan semakin baik.

“Sementara saat ini Kami menerapkan sistem secara online, termasuk untuk komunikasi Dangan perusahaan. Itu juga harus dapat dipenuhi oleh teman-teman pengusaha. Ada tahapan, kelengkapan, agar dapat dipenuhi. Kami akan bantu melengkapi sehingga tidak ada kendala,” jelasnya.

Sedangkan terkait akses jalan Ropang – Dodo, menurut Ahmad Salim, hal itu akan dibicarakan apabila perusahaan telah memasuki masa exploitasi. Sebab, persoalan tersebut memerlukan finansial dan regulasi yang mengatur tentang hutan, mengingat dari wilayah konsesi menuju Ropang berstatus kawasan hutan lindung.

“Jalan dari Elang ke Ropang kita lihat perkembangan sesuai tahapan eksplorasi. Insya Allah kalau meningkat ke eksploitasi bisa kita bicarakan kemudian. Tapi kalau kita bahas sekarang masih terlalu dini. Base camp, sesuai dengan peningkatan status kegiatan kita disana,” tegasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Nakertrans Kabupaten Sumbawa, Ikhsan Safitri, menyinggung soal pola rekrutmen agar nantinya melalui Pemdes. Hanya saja ia meminta dilakukan secara transparan.

“Disnakertrans Kabupaten Sumbawa memiliki data jumlah dan skill pencari kerja, termasuk dari wilayah Ropang dan Lantung. data tersebut dapat menjadi acuan PT AMNT dalam merekrut tenaga kerja,” tegas Ikhsan.

Sedangkan Anggota DPRD Sumbawa, Salamuddin Maula, menyatakan semestinya ada upaya dari PTAMNT untuk membuat masyarakat tenang sehingga tidak terjadi gejolak. Jika tidak, maka akan berimbas ke perusahaan itu sendiri.

“Perusahaan musti memberikan perhatian dan bantuan agar masyarakat merasa diperhatikan,” ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Anggota DPRD lainnya, Yasin Musamma. Ia mengusulkan pihak perusahaan membuat rencana kerja Anggaran untuk dilaporkan kepada pemerintah sehingga pihak legislatif dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Sebagai penutup, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, H Arahman Alamudy yang memimpin hearing, meminta agar PTAMNT meningkatkan kinerja Comrel yang ada di wilayah Ropang dan Lantung agar kedepan tidak menimbulkan persoalan yang disebabkan terhambatnya komunikasi dan informasi ke masyarakat.

“Bila perusahaan sudah memasuki tahap eksploitasi wajib menempatkan Comrel di setiap desa. Karena perusahaan akan membutuhkan puluhan ribu karyawan,” tegas Abi Mang.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.