Sumbawa Kekurangan 15 Pos Koramil

KabarNTB, Sumbawa — Kondusifitas suatu daerah atau wilayah sangat ditentukan oleh beberapa faktor pendukung diantaranya, keberadaan anggota TNI / Polri yang ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketenteraman ditengah suatu wilayah masyarakat, namun demikian keberadaan aparat keamanan harus juga di lengkapi dengan fasilitas pendukung.

Terkait hal tersebut, Dandim 1607 Sumbawa Letkol Inf. Samsul Huda, mengatakan, untuk saat ini, keberadaan personil Babinsa yang ditempatkan di masing- masing desa hanya satu personil, demikian juga dengan koramil yang ada saat ini hanya 9 Koramil yang tersebar kabupaten sumbawa.

“Idealnya Pos Koramil semestinya berada di setiap kecamatan, namun kondisi yang ada saat ini Kodim 1607 sumbawa hanya memiliki 9 koramil,” ujarnya.

Dandim 1607/Sumbawa Letkol Inf Samsul Huda

Dari sembilan koramil tersebut ada yang membawahi dua kecamatan bahkan hingga tiga kecamatan seperti, Koramil Empang membawahi kecamatan Tarano, demikian juga Koramil Sumbawa membawahi Kecamatan Unter iwes, labuahan badas dan Kecamatan Batu lanteh demikian juga dengan koramil-koramil lainnya.

Dirinya, lanjut Dandim, selaku komandan di komando kewilayahan dalam hal ini berharap bahwa pihaknya bisa menjangkau keseluruh wilayah, terutama wilayah-wilayah yang menjadi perbatasan antar kabupaten. Seperti di kecamatan Tarano yang menjadi kecamatan paling timur berbatasan dengan Kabupaten Dompu, demikian juga dengan kecamatan alas barat yang berbatasan dengan kabupaten Sumbawa Barat serta wilayah utara dan selatan Sumbawa.

Namun saat ini pihaknya masih terkendala dengan lahan penempatan untuk dibangunnya kantor koramil di beberapa kecamatan.

“Kembali lagi kepada pemerintah kecamatan atau pemerintah daerah, jika dibantu untuk lokasi tanah penempatan Koramil, maka kami akan siap melakukan ree organisasi dan validasi organisasi dengan menyiapkan pasukan yang akan ditempatkan dimasing-masing koramil. Kami selalu siap jika itu menjadi kebutuhan dalam melayani masyarakat,” ungkap Dandim yang murah senyum itu.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.