Sumbawa Rencanakan Bangun Dermaga Pariwisata di Jalur Samota

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah Kabupaten Sumbawa berencana membangun dermaga pariwisata di Jalur Samota.

Dermaga itu dibangun sebagai upaya percepatan pengembangan pariwisata di di kawasan tersebut.

Belum lama ini bagian Pertanahan Setda Kabupaten Sumbawa mendampingi tim dari Dinas Perhubungan Pemprov NTB dan tim Konsultan beserta perangkat desa di Kecamatan Moyo Utara untuk meninjau lokasi lahan pembangunan dermaga dimaksud.

Tim melakukan survey awal di tiga titik lokasi rencana pembangunan dermaga, masing-masing di Ai Bari, Ulu Air dan Ai limung, Desa Pungkit Kecamatan Moyo Utara.

“Saat ini tim sudah melakukan feasibility study di tiga titik yang akan dibangun dermaga,” terang Surbini, Kepala Sub Bagian Pengadaaan Tanah Pertanahan Setda Sumbawa.

Tim dari bagian pertanahan Setda Sumbawa dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB saat survey lokasi pembangunan dermaga pariwisata di Jalur Samota, Kecamatan Moyo Utara

Lebih lanjut Ia mengatakan, saat ini Tim konsultan sudah mulai bekerja melakukan kajian dimana lokasi yang layak dan memenuhi syarat untuk dibangun dermaga dari tiga titik lokasi yang di sudah di survey.

TIm konsultan diperkirakan paling lama empat bulan akan bekerja sebelum ada hasil dan penetapan lokasi dermaga tersebut.

“Tahun feasibility study yang dibuat tim konsultan sudah ada dan tahun 2022 dermaga akan dibangun setelah dinas Perhubungan Provinsi merampungkan DED dan pembuatan AMDAL nya,” imbuh Surbini.

Untuk tipe dermaga yang akan dibangun belum bisa diketahui, yang pasti hajat utama pembangunan dermaga pariwisata tersebit sebagai penunjang pariwisata di kabupaten Sumbawa melalui jalur Samota.

Sementara untuk pembebasan lahan pembangunan dermaga itu senderi sudah tidak ada lagi kendala lantaran lokasi pembangunan dermaga tersebut adalah lahan pemerintah sendiri tidak ada lahan atas nama masyarakat setempat.

“Intinya ketika lokasi sudah ditentukan dan Dinas Perhubungan Provinsi sudah membuat DED dan AMDAL nya kita tinggal membangun saja dermaganya karna sudah tidak ada masalah lagi,” tutup Surbini.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.