Terjerat Kasus Dugaan Ijazah Palsu, Kades Padesa Resmi Ditahan

KabarNTB, Sumbawa – Oknum Kepala Desa (Kades) Padesa, Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa, Sy, resmi ditahan Kejaksaan Negeri (Kejari) karena terlibat kasus dugaan ijazah palsu.

Ijazah yang diduga palsu itu, digunakan saat Sy mencalonkan diri pada pemilihan kepala Desa Padesa. Ia ditahan di Lapas Kelas II Sumbawa, pada kamis 31 Januari 2019.

Kades Padesa Kecamatan Lantung, Sy saat dibawa menuju Lapas Sumbawa

Penahanan dilakukan setelah Sy menjalani pemeriksaan di kantor Kejari Sumbawa mulai pukul 11.30 Wita.

Dalam pemeriksaan ini ia didampingi kuasa hukumnya. Ia akan menjalani masa penahanan selama 20 hari untuk mempermudah proses pemeriksaan selanjutnya.

Sebelumnya, Jaksa telah menyatakan P21 (lengkap) terhadap berkas perkara yang dikirim penyidik Kepolisian Resor Sumbawa. Pengiriman berkas perkara tahap kedua disertai tersangka dan barang bukti.

Penyidik kepolisian juga sudah melengkapi petunjuk Jaksa yaitu terkait hasil uji lab terhadap ijazah yang diduga palsu ini di Puslabfor Polri Denpasar.

Untuk diketahui, Kades Sy dilaporkan ke Polres Sumbawa karena diduga menggunakan ijazah palsu dalam pencalonannya. Dugaan penggunaan ijazah palsu ini diketahui pasca dilakukan penetapan calon Kepala Desa Lantung Padesa. Masalah ini selanjutnya dilaporkan kepada Panwas Pilkades setempat. Panwas menindaklanjuti laporan itu pasca adanya pemenang Pilkades.

Berdasarkan hasil penelusuran dan surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima serta hasil investigasi Penyidik Polres Sumbawa, menyatakan bahwa ijazah yang digunakan Sy tersebut tidak sah.

Polisi akhirnya menetapkan Sy sebagai tersangka. Ini juga diperkuat dengan hasil ujilab di Puslabfor Denpasar yang menyatakan ijazah itu benar-benar palsu.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.