Terpilih Secara Aklamasi, Syamsul Fikri Pimpin KONI Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa — Musyawarah olahraga Kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumbawa pada Kamis 2 Mei 2019 menetapkan Syamsul Fikri AR sebagai ketua organisasi tersebut.

Fikri yang juga ketua Komisi I DPRD Sumbawa, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua KONI periode 2019 – 2023.

Ketua Musorkab Tata Kostara dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digelar setiap empat tahun sekali, untuk memilih Ketua KONI Sumbawa. Musorkab bersifat persaudaraan dan kekeluargaan, dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga baik di Kabuapten Sumbawa, Provinsi NTB maupun prestasi olahraga ditingakat Nasional.

‘’Para peserta Musorkab yang hadir merupakan utusan pengurus KONI Provinsi NTB, dewan penyantun, dewan kehormatan, pengurus KONI Sumbawa 2015-2019, serta utusan setiap anggota cabor,’’ terangnya.

Syamsul Fikri AR, Ketua KONI Sumbawa

Sementara itu, Ketua KONI NTB – H Andy Hadianto pada kesempatan tersebut sangat mengapresiasi pengurus KONI Kabupaten Sumbawa yang mampu memelihara fasilitas olahraga yang ada. Ia juga mengakui Kabupaten Sumbawa memiliki cukup banyak atlet berprestasi, bahkan namanya sudah mendunia.

“Kita tahu saat ini Sapwaturrahman adalah pelompat jauh terbaik di Indonesia, memecahkan rekor melopat sejauh 8,19 meter. Mudah-mudahan di Taiwan pada 23 hingga 25 Mei nanti Sapwaturrahman akan menunjukkan kebolehannya dalam event internasional,’’ harapnya.

Sementara itu,Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra – HM Ikhsan mengatakan, saat ini terdapat banyak cabang olahraga prestasi dan fungsional. Sehingga KONI dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan baik serta memiliki pengelolaan manajemen yang teratur, agar menjadi organisasi yang mandiri dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Disampaikannya, terdapat tiga tantangan pembangunan olahraga saat ini, seperti tingginya tuntutan publik terhadap prestasi olahraga yang terus meningkat, kemudian menjadikan olahraga sebagai instrumen pembangunan, serta desentralisasi pembangunan olahraga.

“Untuk itu, Musorkab ini dikatakan berhasil apabila selain membentuk kepengurusan yang baru, juga mampu menyusun progam kerja secara tepat sasaran dan dapat diaplikasikan melalui kegiatan di lapangan. Jika peserta Musorkab mampu mengambil dua keputusan penting tersebut, saya yakin pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Sumbawa akan semakin baik, dan prestasi para atlet kita akan sangat membanggakan bagi masyarakat Sumbawa dan juga masyarakat NTB pada umumnya,’’.

Sementara itu, Ketua KONI Sumbawa terpilih – Syamsul Fikri secara terpisah menyatakan, target jangka pendek yang akan lakukan yakni membangun koordinasi yang efektif dengan seluruh cabor. Ketika SK kepengurusan sudah diterima, pihaknya kemudian menggelar rapat kerja cabang KONI dengan cabor, untuk menyusun program kerja serta penyusunan anggaran cabor.

Lanjut Fikri, dirinya bakal merangkul semua pihak, baik itu Pemerintah, pengusaha, BUMN, BUMD, serta lainnya. Guna lebih meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Sumbawa. ‘’Saya akan berkoordinasi dengan seluruh KONI Kecamatan. Dan meminta mereka untuk melakukan pengusulan kegiatan-kegiatan, dan saya berniat memberikan anggaran stimulan ke mereka untuk mengadakan kegiatan ditingkat Kecamatan. Ini bentuk pembinaan berjenjang, sehingga tercipta atlet yang berperstasi yang hebat,’’ pungkasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.