TNI dan Masyarakat Berjibaku Padamkan Kebakaran Lahan di Ai Papang Utan

KabarNTB, Sumbawa – Kebakaran lahan melanda area ladang warga di wilayah Dusun Ai Papang, Desa Motong, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. Selasa 8 Oktober 2019.

Kebakaran ini awalnya diketahui oleh salah satu anggota Polhut Kecamatan Utan yang melaporkan ke Danramil 1607-09/Utan Rhee, Kapten Inf Robert Patipeloy. Danramil langsung memerintahkan Babinsa, Serda Salim Rudin untuk segera turun ke lokasi dan membantu masyarakat untuk memadamkan api.

Aparat TNI dan Polri bersama warga berupaya memadamkan kebakaran lahan di Dusun Ai Papang kecamatan Utan, Sumbawa

Tim Gabungan Kecamatan Utan yang terdiri dari Babinsa 09/Utan Rhee, Polhut Kecamatan Utan, Staf Kantor Kecamatan Utan dan Staf Desa Motong bersama masyarakat bahu membahu memadamkan api menggunakan alat seadanya. Sekitar pukul 12.30 Wita akhirnya api dapat dipadamkan.

Kebakaran diduga akibat masyarakat yang memiliki lahan perkebunan membakar rumput dan ranting kayu sehingga api menjalar ke tempat lain karena hembusan angin sangat kencang.

“Kejadian kebakaran ini sudah sering terjadi dan dibutuhkan kesadaran yang tinggi dari semua pihak dalam menjaga lingkungan agar terhindar dari berbagai macam musibah kebakaran,” ujar Komandan Kodim 1607/Sumbawa, Letnan Kolonel Inf Samsul Huda.

Dandim menghimbau masyarakat untuk tidak membakar tumbuhan liar di ladang saat akan memasuki musim tanam.

“Terlebih akhir – akhir ini merupakan musim kemarau yang dapat memicu terjadinya kebakaran yang dampaknya akan lebih luas lagi.” tegas Dandim. (JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.