TTG 2019 Usung Tema ‘Kearifan Lokal untuk Ekonomi Desa Berkelanjutan’

KabarNTB, Sumbawa Barat – Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Tahun 2019 akan dilaksanakan awal Mei mendatang.

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sumbawa Barat, Trisman ST, mengatakan, kegiatan TTG 2019 telah berjalan sesuai tahapan, mulai dari pembentukan panitia pelaksana, tim penilai kabupaten dan provinsi serta LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Trisman ST

“TTG tahun ini mengusung tema ‘TTG berkearifan lokal unthk ekonomi desa berkelanjutan’. Tema ini sebagai bentuk apresiasi temuan/inovasi yg muncul dari penemu penemi yang berasal dari tatanan masyarakat desa,” jelas Trisman.

Tema dimaksud, sambungnya, juga berkorelasi dengan dengan misi pembangunan KSB yaitu pemberdyaan ekonomi masyarakat desa yang diintervensi melalui kebijakan – kebijakan pro rakyat.

Mengenai peserta, sesuai hasil seleksi telah ditentukan. Mereka akan dinilai secara simultan oleh tim juri dari kabupaten, provinsi dan LIPI. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara puncak Gelar TTG pada 2 mei 2019 di halaman kantor DPMD.

“Hasil TTG ini akan diakselerasikan dengan program pengembangan ekonomi desa melalui jaminan pengembangan produk TTG berafiliasi dengan BUmDES utk dimanfaatkan oleh msyarakat desa dan sekitarnya,” demikian Trisman.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.