Wabup Sumbawa Barat Instruksikan Program Beasiswa Harus Masuk APBD

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Daerah Sumbawa Barat tidak hanya fokus dalam hal pembangunan infrastruktur untuk pengembangan ekonomi masyarakat, tapi juga bekerja keras untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pengembangan sektor pendidikan.

Hal itu diwujudkan dalam bentuk komitmen pengalokasian anggaran di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk program beasiswa belajar bagi masyarakat miskin dan kaum intelektual yang punya potensi tetapi tidak memiliki kemampuan dari segi pembiayaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin bersama Direktur LPDP, Eko Prasetyo usai penandanganan MoU 20 Nopember 2016

“Dinas Pendidikan harus memastikan adanya alokasi anggaran untuk pengembangan infrastruktur pendidikan maupun beasiswa bagi masyarakat miskin. Karena masih banyak warga kita yang mampu dan cerdas secara intelektual tetapi tidak bisa melanjutkan pendidikan,” ujar Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ketika memberi pengarahan dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2018 tingkat kabupaten, Kamis 16 maret 2017.

Selain komitmen mengalokasikan anggaran beasiswa melalui APBD, Wabup juga menginstruksikan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk intens mensosialisasikan program beasiswa yang digulirkan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) agar seluruh masyarakat mengetahui keberadaan program beasiswa tersebut.

“Ada banyak peluang beasiswa yang bisa dimanfaatkan masyarakat, termasuk dari LPDP dan lembaga lainnya. Jadi tugas pemerintah untuk memastikan masyarakat tahu tentang keberadaannya dan memfasilitasi mereka untuk mengakses program beasiswa dimaksud,” timpal Wabup.

Dalam hal pengembangan sektor pendidikan ini, Pemerintah Daerah Sumbawa Barat pada tanggal 20 Nopember 2016 lalu telah menandantangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan LPDP tentang pemberian beasiswa dalam dan luar negeri bagi masyarakat Sumbawa Barat.

“Mempersiapkan generasi penerus yang handal melalui Pendidikan yang maju menjadi salah satu penentu kemajuan daerah. Karena itu pemerintah daerah sangat berkepentingan untuk memastikan penyelenggaraan pendidikan berjalan baik dan masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan akses terhadap program-program (pendidikan) yang dilaksanakan,” demikian Wabup.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.