Warga Dua Desa Bentrok, Seorang Anggota Sat Pol PP Terluka

KabarNTB, Sumbawa – Dua kelompok massa dari Desa Plampang dan Desa SP 2 Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, terlibat bentrok pada Selasa sore 19 desember 2017 di lahan pelepasan ternak (LAR) desa SP2.

Akibat bentrok itu, satu orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) yang sedang bertugas melakukan pengamanan, mengalami luka-luka terkena sabetan parang dan tombak warga.

Informasi yang didapat KabarNTB, bentrok antar warga dua desa itu dipicu permasalahan lahan pelepasan ternak ( LAR) yang menyebabkan warga dari dua desa berselisih.

Anggota Sat Pol PP yang terluka akibat melerai perkelahian warga saat dirawat di Puskesmas Plampang

Kejadian itu bermula ketika pada Pukul 09.00 wita sekitar 200 orang masyarakat Desa Plampang bersama Anggota Sat Pol PP dari Sumbawa menuju lokasi LAR di Desa SP 2 .

Di lokasi terjadi pertengkaran mulut antara masyarakat Desa Plampang dengan masyarakat Desa SP 2 terkait permasalahan LAR. Masyarakat DEsa SP 2 ingin memiliki lahan pelepasan ternak tersebut sedangkan masyarakat Desa Plampang tetap menginginkan lahan tersebut sebagai lahan untuk pelepasan ternak dan tidak boleh di garap.

Situasi memanas karena masyarakat saling bertengkar mulut. Anggota Sat Pol PP mencoba melerai agar tidak terjadi perkelahian. Namun salah satu anggota Sat Pol PP, Hidayat justeru terkena sabetan paeang dan tusukan tombak saat berusaha melerai kedua kelompok massa.
Hidayat mengalami luka bacok di lengan, kepala dan luka tusuk terkena tombak di punggung.

Sementara masyarakat Desa Plampang yang berada di lokasi LAR belum bisa kembali turun karena dihadang warga Desa SP2.

Selain korban luka, satu unit truk yang sebelumnya digunakan masyarakat Desa Plampang untuk naik ke Lokasi LAR juga rusak parah dan tidak bisa digunakan.

Saat ini aparat TNI dari Pos Rayon Militer (Ramil) Plampang yang dipimpin oleh Danramil 1607-02/Empang Kapten Triono Waskito beserta anggota Polisi dari Polsek Plampang masih berjaga – jaga untuk mengamankan lokasi.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.