Waspada ! Hujan Berlanjut, Sejumlah Wilayah di KSB Diintai Banjir

KabarNTB, Sumbawa Barat – Hujan deras yang turun di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sejak Rabu malam 31 Januari 2018 hingga saat ini membuat debit air Sungai Brang Rea, Taliwang dan Brang Ene naik signifikan.

Pantauan KabarNTB di daerah aliran sungai (DAS) di kelurahan Sampir, ketinggian air sudah melampaui pengaman tebing sungai. Bahkan di Kamoung Santong air sudah mulI memasuki pemukiman warga.

Ibukota KSB, Taliwang memang masih sangat rawan banjir karena menjadi tempat pertemuan dua alur sungai besar, yakni Sungai Brang Rea dan Sungai Brang Ene, tepatnya di Kelurahan Menala (Otak Desa).

Kondisi pemukiman warga di sekitar DAS Sampir Taliwang

Ketika debit air dua sungai besar tersebut naik seperti yang saat ini sedang terjadi, warga didalam Kota Tliwang, khususnya yang bermukim disekitar DAS pasti merasa was – was.

Sejak pagi hingga menjelang siang ini jembatan kelurahan Menala, Sampir dan Kelurahan Bugis, ramai dikunjungi warga untuk memantau kondisi air.

Sementara di Kecamatan Brang Rea, sejumlah dusun di Desa Sapugara Bree, sudah mulai terendam. Kades Sapugara Bree, Andi Subandi mengatakan, air sudah mulai masuk dan merendam pemukiman warga di Dusun Ponjok, Dusun Kejawat dan dusun Bree.

“Saat ini ketinggian air dalam pemukiman sudah mencapai 50 centi meter dan kemungkinan akan naik,” ungkap Andi Subandi.

Ia menghimbau warga untuk terus waspada karena hujan masih turun dan debit air sungai masih terus naik. Ia juga telah memerintahkan para staff desa untuk ke masyakat guna memantau perkembangan kondisi di lapangan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.