Wisatawan Lokal Maupun Asing Mulai Datang ke Gili Trawangan

KabarNTB, Lombok Utara – Gili Trawangan, salah satu destinasi wisata eksotik di Kabupaten Lombok Utara, mulai ramai dikunjungi wisatawan pasca gempa beruntun yang mengguncang NTB pada akhir Juli – Agustus lalu.

Seperti diketahui, Gili Trawangan terdampak sangat parah akibat gempa yang terjadi pada tanggal 5 Agustus. Kini, meski belum pulih 100 persen sejumlah wisatawan lokal maupun asing sudah mulai berdatangan ke Pulau yang menjadi ikon pariwisata NTB itu.

Ratusan orang, termasuk wisatawan mancanegara ikut memperingati HUT RI ke 73 di Gili Trawangan KLU dengan membentangkan bendera Merah Putih sepanjang 73 meter di pantai, 17 Agustus 2018 lalu. Kegiatan ini merupakan penanda mulai bangkitnya pariwisata Pulau Lombok pasca bencana gempa

“Alhamdulillah, sekarang ada 500 hingga 600 wisatawan yang datang perharinya ke sini (Gili Trawangan),” ungkap Ketua Asosiasi Pengusaha Gili Trawangan (APGT), H Acok Zainul Baso, saat dihubungi via telepon seluler dari Mataram, Selasa 2 Oktober 2018.

Wisatawan yang datang, terangnya, menggunakan sekitar sembilan fast boat per harinya dengan kapasitas 100 hingga 150 orang. Hanya saja, sejumlah karyawan yang belerja di Hotel maupun Bar yang ada di Gili Trawangan belum semuanya masuk untuk bekerja. Kondisi ini dikarenakan masih ada kekhawatiran dari para karyawan.

“Sebagian dari karyawan menginginkan agar waktu kerja disesuaikan, yakni pergi pagi pulang sore. Tapi kalau karyawan ditempat saya ada 57 orang semuanya sudah ready dengan sistem rolling,” kata pria yang akrab disapa Daeng Aco ini.

Ia mengakui, ika dibandingkan kondisi awal sebelum terjadi gempa dengan saat ini, dari sisi jumlah pengunjung cukup jauh berbeda. Bila dipersentasekan, angka kunjungan wisatawan saat ini baru mencapai 34 persen. Untuk itu, bersama penguasaha lainnya ia terus berupaya melakukan perbaikan serta pembenahan di lokasi, dengan harapan Gili Trawangan benar-benar segera pulih.

“Kita juga sewa eksavator. Pengusaha hotel disini juga sudah mulai buka sekitar 50 persen. Insya Allah, kita targetkan Gili Trawangan pada November mendatang sudah baik dan pulih selesai semuanya,” demikian Daeng Aco.(VR)

iklan

Komentar