Jarot Pastikan Gugat Hasil Pilkada Sumbawa ke MK

KabarNTB, Sumbawa – Calon Bupati Sumbawa nomor urut 5, H Syarafuddin Jarot (Haji Jarot) memastikan dirinya akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) atas penetapan hasil perolehan suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa.

Gugatan ke MK itu dikemukakan Jarot dihadapan para pendukungnya Kamis, 17 Desember 2020, pasca Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan KPU Sumbawa.

Menurut Jarot, untuk mendukung gugatan tersebut, Jarot – Mokhlis sudah menyiapkan Tim Kuasa Hukum dan telah mengumpulkan banyak temuan yang terjadi saat masa kampanye maupun di hari tenang untuk mendukung upaya hukum yang akan ditempuh.

Calon bupati Sumbawa Nomor urut 5, H Syarafuddin Jarot bersama para pendukungnya

“Kami sudah mempersiapkan langkah-langkah hukum yang akan kami lakukan sebagai bagian dari tahapan Pilkada tahun 2020 ini. Untuk itu kami mohon doa dan dukungan seluruh tim simpatisan relawan kami agar kami bisa melakukan proses lanjutan ini dengan aman dan sukses ,” ujar Haji Jarot.

Ia mengakui, sebenarnya langkah hukum awal sudah dilayangkan ke Bawaslu Sumbawa. Pihaknya pun sudah mengikuti sidang pendahuluan, pada Kamis (17/12) pagi dan saat ini menunggu hasil dari Bawaslu Propinsi. Ia berharap Bawaslu bersikap obyektif dalam memutuskan perkara tersebut.

Sedangkan untuk gugatan ke MK, lanjutnya, sesuai dengan tahapannya diberikan waktu 3 hari kerja pasca penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara oleh KPU Sumbawa. “Kami bukan menolak hasil, hanya kami belum mau menandatangani hasil Pilkada karena kami masih memiliki tahapan yang secara hukum masih diperbolehkan. Intinya kami menemukan kejanggalan atau temuan-temuan untuk kami buktikan,” tandasnya.

Ia juga mengakui telah mengetahui hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU Sumbawa, pada Kamis dinihari. Ia mengaku bersyukur, bersyukur karena Jarot – Mokhlis yang dianggap pesaing, meski dari hasil survey OMI dan MY Institute memiliki elektabilitas paling rendah, akan tetapi fakta lapangan berbanding terbalik dan jauh dengan survei tersebut.

“Dimana capaian perolehan suara kita yang unggul dan selisih sangat tipis dengan paslon lain termasuk dengan paslon nomor 4 Mo-Novi,” bebernya.

Ia menghimbau seluruh tim relawan Paslon nomor 5 maupun dari pihak lainnya untuk tetap tenang, sabar dan tetap menjaga kondusifitas. “Mohon doanya agar kami selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam ikhtiar ini,” demikian Haji Jarot.(JK)

iklan

Komentar