Hanya 80 Bacaleg Sumbawa yang Penuhi Syarat Administrasi

Sumbawa  Besar, KabarNTB

Dari ratusan bakal calon anggota legislatif  yang didaftarkan oleh 18  partai politik  peserta pemilu ke KPU Sumbawa,   hanya 80 orang yang memenuhi syarat kelengkapan   dokumen administrasi.

“Berdasarkan  hasil verifikasi  yang kami lakukan,  dari  790 bacaleg yang didaftarkan oleh 18 partai  politik yang ikut pemilu  legislatif di Kabupaten Sumbawa, hanya 80 orang yang memenuhi syarat,” kata Ketua Divisi Tehnis Penyelenggaraan Pemilu  KPU Kabupaten  Sumbawa, Aryati  kepada KabarNTB.com.

Ke 80 bacaleg yang  dinyatakan   memenuhi  syarat itu  kata Aryati berasal dari  18 partai politik. Begitu juga  710 bacaleg yang belum memenuhi syarat  juga berasal dari 18 parpol tersebut.

Berdasarkan tahapan  pemilu, verifikasi  kelengkapan administrasi  bacaleg  berlangsung  dari tanggal 18  Mei hingga   23 Juni 2023.
“Tanggal 24 Juni  kemarin,  kami sudah  kembalikan  kepada pimpinan  parpol  di Kabupaten Sumbawa  dokumen  bacaleg yang  belum syarat,” tambah Aryati.

Selanjutnya lanjut Aryati, pihaknya menunggu  perbaikan dokumen  tersebut  dari tanggal 26 Juni hingga 9 Juli 2023.   (IR)

Komentar