Sembalun Dicanangkan sebagai Sentra Bawang Putih Nasional

KabarNTB, Lombok Timur – Desa Sembalun Kabupaten Lombok Timur, NTB, dicanangkan sebagai salah satu  sentra bawang di Indonesia.
Menteri BUMN Rini M. Soemarno bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri  Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, melakukan kunjungan kerja ke Sembalun, Lombok Timur, rabu 24 Mei 2017.
Menteri  Rini M. Soemarno mengatakan, Lombok Timur khususnya daerah Sembalun, memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan menjadi sentra bawang putih. Namun dewasa ini potensi Sembalun tertutup oleh berubahnya fungsi lahan pertanian dari bawang putih ke komoditas yang dianggap lebih menjanjikan oleh masyarakat setempat.

Menteri BUMN, Menteri Pertanian dan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal bersama gubernur dan wakil gubernur NTB melaksanakan penanaman bawang putih di Sembalun

“Saat ini tingkat konsumsi bawang putih kita mencapai sekitar 400.000 ton per tahun. Dengan luas lahan pertanian bawang putih saat ini seluas 2.563 ha, produksi bawang putih kita baru 20.295 ton per tahun. Dengan demikian kapasitas produksi bawang putih dalam negeri belum mengimbangi tingkat konsumsi masyarakat,” jelas Menteri BUMN.
“Untuk itulah Kementerian BUMN bersinergi dengan Kementerian Pertanian, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dalam rangka mendorong dan membangun kejayaan Sembalun menjadi sentra bawang putih nasional,” terang Rini.
Dalam kunjungan kerja tersebut sejumlah BUMN berkomitmen untuk menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) BUMN Hadir Untuk Negeri. Sejumlah BUMN antara lain Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pupuk Indonesia, Angkasa Pura II, Sang Hyang Seri, Bulog dan Pertani pada acara itu menyerahkan  bantuan CSR senilai lebih dari Rp2,49 miliar kepada masyarakat Sembalun.
“BUMN siap  memberikan dukungan bagi para petani untuk semangat mengembangkan lagi bawang putih. BUMN akan berikan Kartu Tani dan Kredit Usaha Rakyat untuk meningkatkan produksi. Dari sisi pemasaran, Bulog juga akan menyerap hasil produksi sehingga petani mendapatkan keuntungan yang cukup,” sebut Rini.
Ia berharap bantuan itu dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat petani bawang di Sembalun. Dengan demikian Sembalun dapat tampil menjadi sentra bawang putih di Indonesia.
Selain peresmian penyerahan bantuan CSR BUMN Hadir Untuk Negeri, di acara itu Menteri Rini, Menteri Amran dan Menteri Eko juga berkesempatan melakukan penanaman bawang putih di Dusun Lebak Daya, Desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. Turut hadir pada penanaman tersebut Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Zainul Majdi dan Bupati Lombok Timur Ali bin Dachlan. (Yus)
Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.