Potensi Pertanian Alas Barat Tidak Ditopang Sarana Pendukung Pengairan

KabarNTB, Sumbawa – Potensi lahan pertanian di kecamatan Alas Barat, Sumbawa, cukup menjanjikan. Sebagian besar lahan produktif ditanami padi dan palawija. Sementara dibidang perkebenunan seperti di wilayah agro Ai jati ditanami jagung dan mangga yang produksinya sudah menembus pasar domestik dan lokal.

Meski cukup menjanjikan, petani diwilayah Alas Barat masih kesulitan pasokan air terutama disaat Musim Tanam II dan Ke III, sementara ketersediaan air dilokasi mata air sangat mencukupi, namun tidak adanya sarana pendukung untuk mengairi.

Tokoh pemuda Alas barat yang juga Sekretaris DPD PAN Sumbawa, Lukmanul Hakim mengharapkan adanya solusi terhadap kondisi yang telah lama mendera masyarakat tani di wilayah kecamatan Alas Barat itu.

“Salah satunya dengan pembangunan Bendungan sebagai pemasok air, sehingga  peningkatan produksi pertanian dapat dicapai,” katanya, Senin 30 Oktober 2017.

Pentingnya pembangunan bendungan, katanya, selain meningkatkan produksi pertanian juga meningkatkan kwalitas hasil panen bagi petani dan peternak di wilayah Kecamatan Alas Barat dan wilayah kecamatan sekitar.

“Jika diwilayah kecamatan Utan ada Bendungan Beringin Sila, Di Alas Ada Bendungan Marente sudah saatnya pemerintah memikirkan Bendung Alas Barat yang sumber airnya berasal dari Tiu Sabangka,” terangnya.

Menurutnya, debit air di Tiu Sabangka cukup besar serta mampu mengairi lahan pertanian di delapan desa di Alas Barat, bahkan di desa sekitar kecamatan tersebut.

“Akan percuma hasil cetakan program sawah baru jika tidak ditopang oleh keberadaan sumber air yang baik. Solusinya adalah bendungan,,’’ imbuhnya.

Ia tidak menampik bahwa keberadaan Embung Tiu Bulu yang beroperasi saat ini juga membantu petani, akan tetapi hanya sebagian saja yang bisa terairi dan belum mampu menjangkau lahan sawah baru yang berada di Lenang Kukin, Bara Mayung dan daerah perkebunan Ai Jati.

Begitu juga dengan program sumur bor belum begitu maksimal mendukung aktifitas pertanian masyarakat.

“Kami berharap pemerintah bisa melakukan kajian menyeluruh tentang sumber air, termasuk pembangunan bendungan baru di wilayah Kecamatan Alas Barat,” demikian Lukmanul Hakim.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.