Udang Sumbawa Tembus Pasar Amerika

KabarNTB, Sumbawa – Produksi udang Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, dari tahun ke tahun semakin meningkat. Bahkan salah satu potensi perikanan Sumbawa ini mampu menembus pasar Amerika.

“Tidak hanya dari sisi volume produksi yang kian meningkat, namun di sisi kualitasnya-pun udang Sumbawa memiliki mutu yang bagus. Ini yang menyebabkan produksi udang kita bisa masuk pasar Amerika,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal, Perijinan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Kabupaten Sumbawa, Syahril MPd, kepada KabarNTB, Senin 23 Oktober 2017.

Untuk terus mengoptimalkan potensi itu, kata Syahril, pihaknya akan menggelar diskusi tentang udang dengan melibatkan para pakar udang, pengusaha dan stake holder terkait.

Ilustrasi

Dikatakan, Sumbawa sebagai produsen udang sejak Tahun 1995 hingga Tahun 2000 telah mencapai masa kejayaannya, hanya saja ekspose terhadap potensi tersebut dinilai masih lemah.

“Bagaimana meramu konsep-konsep dari pakar, pelaku bisnis udang ini akan dibahas dan dikupas habis hingga melahirkan kebijakan yang dapat mendorong berkembangnya usaha tambak udang di Sumbawa,” ujar Syahril.

Dengan meningkatnya kapasitas layanan kelistrikan di Sumbawa, hal ini diharapkan dapat memicu berkembangnya tambak udang di Sumbawa. Karena usaha tambak udang telah meluas ke wilayah selatan seperti di Kecamatan Labangka dan Lunyuk.

“Dengan peningkatan itu target Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dapat meningkat hingga 10 persen dan menjadi  salah satu aspek yg dapat mendongkrak tumbuhnya investasi di suatu daerah,” demikian Syahril.(Yus)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.