81,6 Persen Kelulusan Tenaga Skill MacMahon adalah Pelamar Lokal KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Panitia Bersama Rekrutmen tenaga kerja PT MacMahon (Perusahaan aliansi PTAMNT di tambang Batu Hijau) akhirnya mengumumkan hasil tes interview (wawancara) pelamar kategori skill, Rabu sore 31 januari 2018.

Anggota tim bersama, Benny Tanaya didampingi Taufiq Hikmawan, menjelaskan, dari sebanyak 583 orang pelamar kategori skill, yang mengikuti tahapan tes wawancara sebanyak 531 orang pelamar yang mengikuti tes wawancara.

“Dari jumlah itu 142 orang dinyatakan lulus. 389 orang gagal (tidak lulus),” jelas Benny Tanaya.

Baca juga : https://kabarntb.com/pengumuman-hasil-tes-interview-rekrutmen-tenaga-kerja-skill-pt-mac-mahon-indonesia/

Ia memaparkan, dari total sebanyak 142 orang tenaga skill yang lulus itu, lokal KSB sebanyak 116 orang atau 81,6 persen. Sedangkan non lokal KSB sebangak 26 orang atau 18, 3 persen.

Benny Tanaya dan Taufiq Hikmawan, anggota tim bersama rekrutmen PT MacMahon

“Dari total jumlah pelamar lokal KSB yang lulus itu (116 orang) yang berasal dari Jereweh, Maluk dan Sekongkang (lingkar tambang) berjumlah 59 orang, sementara dari lima kecamatan lain di KSB sebanyak 57 orang. Jadi persentasenya lebih besar dari lingkar tambang,” urai Benny.

Sementara itu, tim bersamaan dengan pengumuman kelulusan skill itu, juga mengumumkan pembukaan rekrutmen baru, khusus untuk tenaga skill sebanyak 258 orang.

Benny menyatakan rekrutmen kali ini dibukan karena jumlah kelulusan tenaga skill masih kurang darinkebutuhan perusahaan.

Syarat rekrutmen kali ini juga lebih fleksibel dari tekrutmen tenaga skill sebelumnya. Misalnya untuk syarat usia, kalau direkrutmen sebelumnya usia maksimal 40 tahun maka rekrutmen kali ini usia maksimal dinaikkan menjadi 48 tahun. Demikian juga pendidikan, saat ini minimal tamatan SD dengan pengalaman kerja 4 tahun dan lulusan SMP pengalaman kerja 2 tahun.

“Kebijakan baru dalam syarat rekrutmen ini diberikan untuk memberikan kesempatan bagi tenaga lokal khususnya, yang sebelumnya tidak bisa ikut melamar karena terbentur usia, jadi sekarang bisa berpartisipasi,” jelas Benny.

Selengkapnya mengenai syarat pelamar rekrutmen tenaga skill itu bisa dibaca di pengumuman resmi yang dilansir tim bersama.(EZ)

iklan

Komentar