NTB Sekarang Punya Pusat Pelatihan Barang/Jasa Berstandar Nasional

KabarNTB, Mataram – Provinsi NTB sebagai salah satu daerah di Kawasan Indonesia Timur saat ini telah memiliki pusat pelatihan unggulan pengadaan barang / jasa berstandar nasional.

“Alhamdulilah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi NTB telah mendapatkan amanah Lembaga Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI sebagai OPD yang dipercaya memberikan pelatihan pengadaan barang / jasa kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP) se-Indonesia,” ujar Wakil Gubernur NTB, HM Amin, saat meresmikan BPSDM Prov. NTB sebagai pusat pelatihan unggulan pengadaan barang jasa, di Aula Rinjani Kantor BPSDM NTB, Jum’at 2 Februari 2018.

Dengan dipilihnya NTB sebagai salah satu Provinsi di Indonesia Timur yang memiliki Pusat pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pengadaan barang jasa ini menurutnya, akan mampu menghasilkan aparatur yang berkompeten dalam bidang pengadaan barang / jasa di Indonesia khususnya di NTB.

“Dengan adanya aparatur pengendali yang profesional akan mampu meminimalisir potensi-potensi pelanggaran yang akan berisiko terhadap sangkutan hukum, baik perdata maupun pidana terhadap proses pegadaan barang jasa di daerah,” kata Amin.

Untuk itu, ia menghimbau kepada pemangku amanah di NTB, untuk tidak perlu takut dalam mengambil kebijakan pembangunan terutama dalam proses pengadaan barang / jasa, apabila telah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada. Kedepan sistim elektronik dalam proses pengadan barang jasa harus terus disampurnakan.

Dengan sistim pengadaan elektronik yang telah berjalan saat ini, alhamdulillah telah mampu menghindari praktek Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam proses pengadaan barang / jasa.

“Selain pengadaan sistim elektronik, kedepan juga perlu di tingkatkan dalam proses pengurusan administrasi. Tidak boleh lagi pengurusan administrasi yang berkaitan dengan pengadaan barang jasa yang berbelit-belit, terutama di NTB sebagai pusat pelatihan unggulan pengadaan barang / jasa di Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Deputy Executive Bidang Program Millennium Challenge Account Indonesia (MCAI) Lukas Laksono Adhyaks mengaku sangat bangga dengan diresmikan BPSDM NTB sebagai pusat pelatihan unggulan pengadaan barang / jasa di kawasan Indonesia Timur. Di hadapan para peserta yang berasal dari ULP seluruh Indonesia, ia menjelaskan bahwa tenaga pendidik yang ada di BPSDM NTB saat ini berasal dari dalam dan luar negeri.

Selain itu, ia juga mengaku sangat bangga karena BPSDM NTB sebagai pusat pelatihan unggulan pengadaan barang jasa dikelola oleh putra-putra daerah. Menurut Lukas keberadaan MCAI telah banyak mendukung pemerintah terutama dalam proses pengadaan barang / jasa. Lukas berharap, kedepan BPSDM NTB akan menjadi Center Exellent untuk ditularkan ke daerah-daerah lain di Indonesia. “Untuk itu, dengan adanya BPSDM NTB sebagai pusat pelatihan unggulan pengadaan barang jasa, NTB akan menjadi garis terdepan dalam hal pendidikan pengadaan barang / jasa,” tutup Lukas.

Acara tersebut juga dihadiri Deputy Executive Bidang Program Millennium Challenge Account Indonesia (MCAI), Lukas Laksono Adhyaks, President Country Director, Millennium Challenge Corporation (MCC) Troy Ray, Sekretaris Utama LKPP RI, Salusra Widya dan Kepala BPSDM NTB H. Rusman.(By)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.