Guru Mengaji di Sumbawa Dibekali Metode Mengajar Tilawati Professional

KabarNTB, Sumbawa – Pemda Sumbawa membekali para guru ngaji di daerah itu dengan Metode mengajar tilawati professional.

Pembekalan metode mengajar secara profesional dan menyenangkan ini dikemas dalam bentuk kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Standarisasi Guru Al-Quran Metode Tilawati oleh Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa, pada Senin 26 Maret 2018.

Bupati Sumbawa melalui Staf ahli Bidang Sumber daya aparatur dan kemasyarakatan, A. Yani, mengatakan perkembangan lembaga pendidikan Al-Quran yang semakin pesat dewasa ini menandakan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Sumbawa akan pentingnya kemampuan baca tulis Al-Quran bagi anak-anak para generasi penerus bangsa.

Demikian juga Keberadaan pendidikan Al-Quran membawa misi yang sangat mendasar terkait dengan pentingnya memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Quran sejak usia dini.

“Sehingga Pemerintah Daerah berkewajiban menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini agar para guru peserta pelatihan dapat menerapkannya ketika mengajarkan membaca Al-Quran kepada santri-santrinya,” jelas Yani.

Menurutnya, pengajaran Al-Quran dengan metode tilawati ini, tidak lepas dari adanya penyelenggaraan STQ tingkat Kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan setiap tahun. Pemda berkeinginan agar ada peningkatan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dari seluruh kecamatan dan pada akhirnya akan semakin banyak peserta yang dapat mewakili Kabupaten Sumbawa pada ajang STQ tingkat Provinsi NTB atau bahkan ke tingkat nasional.

“Persiapan bagi kafilah Kabupaten Sumbawa sedini mungkin harus kita tingkatkan kualitasnya, diantaranya melalui penyelenggaraan pelatihan standarisasi guru Al-Quran metode tilawati ini. Sebab salah satu faktor utama meningkatkan kualitas para peserta adalah peran dari para guru mereka,” jelasnya.

Kepala Sub Bagian Sosial Kemasyarakatan, Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa, Anggraini, menyebutkan kegiatan Diklat ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 26 sampai dengan 29 Maret 2018.

“Adapun peserta berjumlah 48 orang yang berasal dari seluruh kecamatan Se-Kabupaten Sumbawa,” katanya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.