PAN Laporkan Pemilik Akun Facebook yang Dinilai Melecehkan

KabarNTB, Sumbawa .- Dewan Pimpinan Daerah Amanat Nasional ( DPD PAN) Kabupaten Sumbawa, melaporkan pemilik akun facebook berinisial LAFW ke Polres setempat, karena dinilai telah melakukan ujaran kebencian terhadap Amin Rais, Ketua Dewan Pembina dan melecehkkan nama baik partai berlambang matahari itu.

Pelaporan tersebut dilakukan oleh Wakil Ketua DPD PAN Sumbawa, Muhammad Isnaini, pada Kamis 22 Maret 2018.LAFW diduga melanggar undang Рundang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) lewat postingannya di media sosial Facebook yang diupload beberapa hari lalu.

“Kami sudah melaporkan akun LAFW ke Polres Sumbawa dan selanjutnya pihak Kepolisian akan mempelajari laporan tersebut untuk dilakukan penanganan secara hukum,” kata lelaki yang akrab disapa Ismu itu.

Wakil Ketua DPD PAN Sumbawa, Muhammad Isnaini

Untuk memperkuat laporan itu, DPD PAN melampirkan bukti print out status yang dibuat dan diposting oleh akun LAFW yang dinilai melecehkan itu.

Ia menyatakan pelaporan sengaja dilakukan sebagai pembelajaran hukum bagi masyarakat, terutama para pengguna media sosial agar lebih berhati- hati dan bijak dalam berinteraksi di dunia maya.

“Ini juga sebagai peringatan bahwa kalau sembarang dalam berkomentar dan menulis status akan berakibat fatal dan ada imbas yang harus dipertanggungjawabkan, termasuk pemilik akun LAFW,” imbuh Ismu.

“Sebagai kader partai kami tentu merasa kebertan dan berharap pihak Kepolisian bisa segera menindaklanjuti laporan ini dan mencari keberadaan pemilik akun dimaksud untuk diproses secara hukum,” tambahnya.

Ismu menyatakan PAN didirikan dengan azas Pancasila dan menjunjung tinggi moral, kemanusiaan serta Agama.

“Lalau orang tidak bertanggungjawab melakukan pelecehan lewat media sosial dan dikomentari dengan beragam komentar yang seluruh kader PAN di republik ini marah. Kami menduga oknum ini adalah buzzer yang menjadi bagian dari kelompok tertentu,” demikian Ismu.(JK)

Komentar