Zul-Rohmi Bertekad Percepat Pemakaian Energi Terbarukan di NTB

KabarNTB, Mataram – Mengantisipasi dampak lingkungan yang tidak baik karena pemakaian energi Fossil maupun effect pemanasan global, Zul – Rohmi bertekad mempercepat pemakaian energi terbarukan untuk masyarakat NTB seperti Panas Bumi/ Geo Termal, Solar Cell, Tekhnologi Kincir maupun intensifikasi dan modernisasi Tekhnologi Pangan.

“Karena semua teknologi tersebut ramah lingkungan dan lebih efisien jika dikonsumsi utk kepentingan massal,” ujar Dr Hj Sitti Rohmi, cawagub nomor urut 3, kepada Media, Kamis 17 Mei 2018.

Percepatan pemakaian energi terbarukan, kata Dia, harus segera disosialisasikan dan dipraktekkan untuk masyarakat NTB agar dipahami secara holistik. Misalnya listrik, masyarakat NTB di wilayah terpencil perlu difasilitasi atau dibuatkan tenaga surya/ solar cell, tekhnologi turbin kincir ataupun panas bumi.

Zul-Rohmi memastikan penggalakan pemakaian energi terbarukan untuk warga di NTB sebagai respon makin lemahnya daya dukung lingkungan akibat pemakaian energi yang tidak ramah lingkungan. Selain boros dan tidak ramah lingkungan, energi fossil sudah tidak baik lagi untuk memulihkan kondisi lingkungan akibat residu ataupun gas buang CO2 yang berbahaya tersebut.

Pemakaian energi terbarukan adalah salah satu cara mengurangi beban ekonomi warga NTB akibat lonjakan kebutuhan hidup di semua sektor kehidupan.

“Sebagai salah satu solusi energi alternatif, Zul Rohmi akan membuat roadmap pemakaian/percontohan energi terbarukan, khususnya listrik di desa terpencil yg tidak ada jaringan Listrik PLN,” ujarnya.

Untuk isu bio diversity atau keanekaragaman hayati, Rohmi menambahkan akan memberikan perhatian khusus dan bertekad melindungi kawasan endemik yang tingkat keanekaragaman hayati nya tinggi di NTB.

“Kawasan Geo Park Rinjani harus tetap dijaga kelestarian ekosistemnya. Tujuannya untuk kesinambungan dan mempertahankan ekosistem wilayah tersebut,” ungkapnya.(JK)

Komentar