Ciptakan Konsep Berbeda dalam Membaca, Dinas Arpus KSB Bangun “Barugak Pintar”

KabarNTB, Sumbawa Barat –  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

Terbaru, dinas ini membangun “Barugak Pintar” yang di tempatkan di halaman kantor setempat sehingga masyarakat merasa nyaman saat berkunjung ke perpustakaan.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, Ajad Sajadah Amir menjelaskan, pembangunan “Barugak Pintar” itu juga merupakan salah satu strategi pihaknya mengatasi ruang perpustakaan yang terbatas.

Dua unit berugak pintar yang sedang dibangun Dinas Arpus KSB di halaman kantor setempat

“Karena ruang baca di perpustakaan kita terbatas. Jadi kita manfaatkan halaman kantor sebagai tempat membaca, maka kita buatlah barugak seperti ini,” terangnya kepada KabarNTB, Kamis 6 Desember 2018.

Dengan “Barugak Pintar” ini, Dinas Arpus KSB mencoba menawarkan konsep baru kepada masyarakat tentang perpustakaan. Selama ini, kata Ajad, image perpustakaan di masyarakat selalu dianggap sebagai bangunan formal. Karena berada dalam satu gedung sehingga aktivitas mereka terbatas selama membaca buku.

Namun dengan hadirnya “Barugak Pintar” itu, image tersebut ingin durubah oleh Dinas Arpus KSB. Bahwa masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas lainnya selama membaca buku karena berada di luar ruangan.

“Kalau mereka membaca di luar ruangan seperti ini kan kesannya ada kebebasan. Ketimbang dalam ruangan, apalagi ruang perpustakaan kita kan terbatas,” sebutnya.

Ia mengaku optimis akan terjadi peningkatan kunjungan setelah barugak yang terdiri dari dua unit itu dimanfaatkan.

“Kami yakin kalau sudah selesai barugak ini, akan makin banyak masyarakat yang datang berkunjung. Termasuk juga anak-anak sekolah, pasti akan banyak yang datang karena konsep ini kekinian,” jamin Ajad.

Tidak saja “Barugak Pintar”, Dinas Arpus juga membangun panggung untuk pementasan di lokasi yang sama. Ajad menjelaskan, panggung itu akan menjadi wadah aktualisasi masyarakat berkreasi secara literasi. Panggung itu disediakan untuk kegiatan-kegiatan mimbar ekspresi masyarakat.

“Kita bisa manfaatkan panggung itu misalnya untuk kegiatan mendongeng dan aksi-aksi keterampilan literasi masyarakat lainnya,” timpalnya.

Selanjutnya ia menyebutkan, tambahan dua fasilitas di kantornya itu, tidak akan membuat masyarakat bosan untuk datang berkunjung ke fasilitas perpustakaan. Karena masyarakat kini mempunyai dua pilihan lokasi membaca dengan konsep berbeda.

“Ya kalau mungkin mau ketenangan bisa membaca di dalam. Tapi kalau mau sekalian bersantai bisa out door dengan duduk di barugak,” sambungnya.

Sebelum di bangun “Barugak Pintar” dan panggung yang saat ini masih dalam pengerjaan, Dinas Arpus KSB sudah melengkapi fasilitas lainnya guna menarik minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan. Sebelumnya kantor Arpus KSB telah melengkapi diri dengan jaringan internet gratis (free Wi-Fi).

“Kami sengaja membuka saluran internet bagi pengunjung tujuannya ketika pengunjung tidak menemukan referensi buku yang dicarinya, minimal bisa mencari lewat internet,” demikian Ajad.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.