Segera Urus KIA Anak Anda!

KabarNTB, Sumbawa Barat – Masyarakat yang memiliki anak belum wajib KTP dihimbau untuk segera membuat Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sumbawa Barat, Ibrahim, mengatakan pemerintan mulai melaksanakan pembuatan KIA per tahun 2019 ini.

Ilustrasi (net)

“Memang pemberlakuannya mulai tahun ini, tapi kami di Dukcapil KSB telah melayani pembuatan KIA sejak tahun 2018. Saat ini sudah ada 2.000 lebih yang diterbitkan,” ungkapnya, kepada KabarNTB, Kamis 31 Januari 2019.

Ibrahim menyatakan, KIA berfungsi sama dengan KTP. Kartu tersebut merupakan kartu identitas bagi anak berusia 0 – sebelum berusia 17 tahun (sebelum menjadi wajib ber-KTP).

Ibrahim mengungkap KIA dibutuhkan untuk mengurus administrasi yang berkaitan dengan anak, termasuk ketika anak dibawa bepergian menggunakan moda transportasi udara.

“Ada kejadian, rekan saya membawa anaknya bepergian naik pesawat. Di bandara petugas meminta KIA sebagai bukti identitas si anak. KIA tidak ada, untungnya Ia punya copian KK,” jelasnya.

Untuk pengurusan KIA, syaratnya, untuk anak dibawah lima tahun tidak membutuhkan pas foto, sedangkan untuk anak diatas 5 tahun wajib ada pas foto. Syarat lainnya adalah akte kelahiran dan buku nikah orang tua.

“Proses pengurusannya cepat, asal semua persyaratan lengkap,” demikian Ibrahim.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.