Cegah Rabies, TNI dan Warga Buru Anjing Liar di Empang – Tarano

KabarNTB, Sumbawa — Tim penaggulangan penyebaran Rabies kabupaten Sumbawa, sejak rabu 13 Februari 2019 melakukan penyisiran ke semua desa yang ada di Kecamatan Tarano untuk mengeleminasi Hewan Pembawa Rabies (HPR) khususnya anjing.

Tim itu beranggotakan Dinas tekhnis dibantu anggota Danramil dan Polsek Empang serta masyarakat.

Danramil 1607-02 Empang Kapten Inf. Triono BW yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah menurunkan anggota nya yang ada di setiap desa untuk membantu pemerintah daerah melakukan upaya meminimalisir penyebaran virus rabies di wilayah kecamatan Tarano maupun Empang yang merupakan wilayah perbatasan antara Sumbawa dan Dompu.

Tim pencegahan rabies kecamatan Empang dan Tarano

Tim menyisir desa dan perkampungan penduduk serta mengumpulkan informasi warga terkait lokasi keberadaan HPR seperti anjing dan yang lainnya.

“Kami dari Koramil 1607-02 Empang siap membantu pemerintah dan masyarakat terkait penaggulangan penyebaran penyakit rabies ini,” ungkapnya.

Kepada masyarakat, dirinya mengharapkan jika mendapat informasi terkait adanya warga yang digigit anjing agar segera melaporkan kepada pemerintah setempat serta secepatnya dilarikan ke petugas kesehatan terdekat untuk segera ditanggani. Hal itu penting sebagai antisipasi dini sebelum adanya penularan dan korban.

“Di wilayah kabupaten Dompu tersebar virus Rabies melalui anjing liar, sementara di wilayah kecamatan Tarano anjing liar sangat banyak,” imbuhnya.

Kegiatan pemusnahan anjing liar itu dilaksanakan di beberapa desa, seperti Desa Mata dan Tolo’oi. Masyarakat kami harapkan tetap waspada terhadap anjing liar karna tidak tertutup kemungkinan hewan tersebut telah rawan terjangkit virus rabies,” tandas Danramil.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.