Hanya di PPP, Hak Konstituen Diproteksi dengan Pakta Integritas Caleg

KabarNTB, Sumbawa Barat – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumbawa Barat, menjadi satu-satunya partai politik yang berani menjamin perolehan suara setiap Calon Legislatif dan hak-hak konstituen lewat Pakta Integritas yang ditandatangani diatas materai di depan notaris.

Pakta integritas itu telah ditandantangani oleh seluruh Caleg (25 orang) DPC PPP yang akan akan berlaga di Pemilu 17 April mendatang, sesaat sebelum pendaftaran Bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 17 Juli 2018 lalu. Penandatanganan itu dilaksanakan di depan notaris Fauziah SH M.Hum M.Kn.

Ketua DPC PPP KSB, Amiruddin Embeng bersama Wakil Ketua DPW PPP NTB, Nurdin Ranggabarani

“Salah satu isi pakta integritas itu, Caleg PPP yang berhasil duduk di DPRD KSB tidak akan mengurus dana aspirasi. Seluruh dana aspirasi itu akan diserahkan ke DPC untuk dikelola dan akan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk pengembangan partai dan kepentingan konstituen dan masyarakat di Dapil anggota DPRD bersangkutan,” ujar Ketua DPC PPP KSB, Amiruddin Embeng, dalam orasi politik penuh semangat yang disampaikan di kampanye tingkat kecamatan PPP KSB, di Lapangan Voly Desa Mura, Kecamatan Brang Ene, Ahad 24 februari 2019.

Embeng menegaskan, point khusus di dalam Pakta Integritas itu merupakan bentuk komitmen PPP untuk memproteksi hak-hak konstituen dan masyarakat secara umum terhadap program pembangunan yang memang mereka butuhkan di wilayah mereka masing-masing.

Menurutnya, waktu 5 tahun (60 bulan) bukan waktu yang singkat bagi masyarakat untuk mendapatkan kembali kesempatan memilih wakilnya di parlement. Karena itu, jika salah dan memilih wakil yang tidak berintegritas, maka selama lima tahun masyarakat akan gigit jari. Perubahan yang didengung-dengungkan hanya akan jadi pemanis bibir saat kampanye saja.

“Point ‘haram mengurus dana aspirasi’ ini juga upaya partai agar para legislator PPP yang dipercaya masyarakat tidak tersandera. Agar mereka bisa fokus sesuai tupoksinya, melaksanakan tugas legislasi, pengawasan dan budgeting (membahas anggaran). Dengan demikian, parlemen yang bersih dan berwibawa bisa kita wujudkan,” urai Embeng, kepada KabarNTB, usai kegiatan kampanye.

Ia menghimbau masyarakat untuk cerdas dalam menentukan pilihan dan memastikan calon yang dipilih memiliki track record yang baik, berintegritas dan mampu membaur merasakan denyut nadi kehidupan masyarakat.

“Pilih wakil rakyat yang peka, yang bisa menjadi payung ketika hujan dan menjadi sandal ketika kita mesti berjalan menembus onak dan duri. PPP menawarkan hal itu dengan mengusung caleg-caleg terpilih yang kiprahnya telah dikenal luas,”‘ demikian Embeng.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.