Temu Wicara OKP Sumbawa: Betapa Penting Peran Pemuda Dalam Pembangunan

KabarNTB, Sumbawa — Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa H Muhammad Ikhsan, menegaskan pentingnya peran pemuda dalam pembangunan.

Berbicara pada acara Temu Wicara Organisasi Pemuda Kabupaten Sumbawa Tahun 2018 yang mengangkat tema “Penguatan organisasi pemuda sebagai upaya peningkatan peran pemuda dalam pembangunan menuju Sumbawa hebat dan bermartabat”, Kamis

8 februari 2019 di GOR Mampis Rungan, HM Iksan menyatakan, pemda sangat mengapresiasi kegiatan temu wicara sebagai sarana untuk meningkatkan peran pemuda dalam mendukung pembangunan dan pemerintahan daerah agar berjalan dengan lebih baik di Tana Samawa.

Menurutnya, beratnya tantangan ke depan maka pemerintah mengajak para generasi muda Sumbawa untuk turut serta meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan anakmuda yang cukup mengkhawatirkan, mengingat di Kabupaten Sumbawa telah berstatus darurat narkoba, karena telah terjadi beberapa kasus penyalahgunaan narkoba, dimana beberapa pelaku baik pengedar maupun penggunanya telah tertangkap.

Hal itu penting, Sehingga upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika tidak hanya menjadi tanggung jawab aparat penegak hukum saja tetapi seluruh elemen masyarakat. dirinya juga mengingatkan bahaya propaganda gaya hidup LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender) di kalangan anak muda yang harus diwaspadai bersama, karena semua dapat merusak moral dan karakter bangsa yang berketuhanan.

Terkait hal tersebut, ia berharap kepada segenap organisasi-organisasi pemuda untuk mengembangkan watak dan kepribadian yang utuh, dan meningkatkan potensi kepemimpinan yang baik, serta menumbuhkan sikap kritis melalui dialog dan interaksi antar individu secara demokratis, terbuka, dan ber-etika untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sumbawa, Fithriati, menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, selain untuk merevitalisasi organisasi kepemudaan dan menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan pemuda, juga sebagai pernyataan sikap dan ikrar pemuda Sumbawa.

Kegiatan itu dihadiri 200 peserta yang berasal dari Organisasi kepemudaan, antara lain KNPI, FKPPI, HIPMI, pemuda Anshor, Pemuda Muhammadiyah, Fatayat NU, Pemuda Banteng, Pemuda Ka’bah, perwakilan BEM UNSA, UTS, dan Hamzanwadi, siswa SMA se-Kecamatan Sumbawa, dan organisasi pemuda kreatif lainnya.

Hadir sebagai narasumber, Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda Olahraga, dengan materi kebijakan nasional bidang kepemudaan, Kadis Pemuda dan Olahraga Prov. NTB, dengan materi kebijakan bidang kepemudaan Provinsi NTB, Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Sumbawa, dengan materi kebijakan pengembangan kepemudaan Kabupaten Sumbawa, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Kab. Sumbawa dengan materi kebijakan/regulasi organisasi OKP, Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa, dengan materi kebijakan program/kegiatan UKM muda mandiri pemula madya, DPD KNPI Kabupaten Sumbawa, dengan materi rencana tindak lanjut dan penyusunan ikrar pemuda Sumbawa, serta Ketua Forum Pemuda Pelopor Kabupaten Sumbawa, dengan materi praktisi dan penggerak pemuda pelopor.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.