Hadiah 50 Juta atau Kenaikan Eselon Menunggu ASN Pendamping Rekonstruksi Gempa di KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjanjikan hadiah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pendamping kelompok masyarakat (Pokmas) Plus rehabilitasi dan rekonstruksi gempa. Syaratnya, para ASN pendamping harus mensukseskan lima program Pemerintah KSB.

Perihal pemberian hadiah itu disamoaikan langsung Bupati HW Musyafirin kepada 193 ASN pendamping dalam pertemuan di Graha Fitrah, Senin 4 Maret 2019.

“Kita siapkan hadiah, juara satu 50 juta. Tapi kalau tidak mau uang, jika memungkinkan kita akan naikkan eselonnya, dari eselon empat ke eselon tiga, dari eselon tiga ke eselon dua,” kata Bupati, disambut aplaus para ASN.

Dijelaskan Bupati, tugas pokok ASN Pendamping adalah mendampingi Agen Gotong Royong, yakni menyusun laporan dan menyemangati warga korban gempa membangun dan memperbaiki rumahnya.

Para ASN pendamping Pokmas Plus rehabilitasi dan rekonstruksi gempa di KSB

Tugas tambahan ASN Pendamping adalah kampanye program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan lima pilar yang ada. Ketiga, penyuluhan penambangan tanpa izin atau bahaya penggunaan mercuri. Keempat, mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayur dan buah. Kelima mengidentifikasi atau mendata keluarga miskin.

“Dua bulan saja, sampai April, nanti uang operasionalnya ada, endingnya rumah warga di wilayah kerja ASN dipasang stiker, rehab rekon selesai, Tuntas STBM, bebas mercury/PETI, pemanfaatan pekarangan dan pendataan fakir miskin,” jelas Bupati.

Sementara Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, mengatakan, penanganan rumah korban gempa di KSB adalah terbaik di antara tujuh Kabupaten/Kota di NTB. Pertemuan ASN Pendamping seperti ini juga hanya terjadi di KSB. Untuk kelancaran di Lapangan anggota Bhabinkamtibmas siap membantu.

“Manfaatkan mereka, jika ada yang kurang maksimal, maka laporkan,” ucap Kapolres.

Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol Czi. Eddy Oswaronto, mengatakan, tugas percepatan rehab rekon rumah korban gempa menjadi perintah TNI di pusat. Di KSB, ada tambahan tenaga dari Bataliyon Zeni Tempur Malang. Karenanya, sebagai tuan rumah, ASN Pendamping juga harus lebih semangat. Bersama-sama Agen PDPGR, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Masyarakat dan Zeni Tempur kompak membangun dan memperbaiki rumah korban gempa.(EZ/*)

iklan

Komentar