Gubernur Optimis Dompu Jadi Sentra Pertumbuhan Ekonomi Baru di Indonesia

KabarNTB, Dompu – Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah, bersama Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal, Kepala Kejaksaan Tinggi NTB, Nanang Sigit Yulianto dan unsur Forkopimda Provinsi NTB meninjau pabrik gula di kecamatan pekat Kabupaten Dompu, Selasa 15 September 2020.

Usai meninjau Pabrik Gula milik PT. Sukses Mantap Sejahtera itu, gubernur dan rombongan berkunjung ke Masjid At-Taqwa Doropeti untuk bersilaturrahim dan berdialog dengan masyarakat sekaligus menyerahkan bantuan.

Gubernur dalam sambutannya, menyatakan optimis kedepan Kabupaten Dompu akan menjadi sentra baru pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Ia berharap agar masyarakat lokal tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri.

Gubernur Zulkieflimansyah bersama Kapolda Irjen Pol Muhammad Iqbal dan Kajati NTB, saat berkunjung ke pabrik gula di Dompu

“Pabrik pengolahan tebu yang menghasilkan gula sekarang sudah ada bukan lagi cita cita, berikutnya akan ada pabrik pengolahan jagung besar di Dompu, tinggal tunggu waktu saja. Bahkan pabrik pengolahan industri ekstraktif seperti tembaga emas juga akan hadir di Dompu. Maka bukan mustahil Kabupaten Dompu akan menjelma menjadi sentra baru pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Tapi semuanya tidak ada manfaatnya kalau pendidikan masyarakat lokal tidak maju,” beber Gubernur.

“Nanti saya akan berbicara dengan pimpinan PT. SMS dalam waktu tidak terlampau lama mudah mudahan entah sekolah kejuruan, kampus atau akademi harus ada di daerah ini supaya teman teman di Dompu tidak menjadi penonton di daerah sendiri,” imbuhnya.

Gubernur Zul menekankan agar pemerintah tidak mempersulit dunia usaha maupun investasi dan masyarakat harus berkontribusi dengan kehadiran dunia usaha.

“Tugas pemerintah adalah memberikan bantuan dunia usaha, agar masyarakat juga berkontribusi. Dunia usaha akan menderita kalau tujuan semata hanya cari uang dan keuntungan, Tidak mungkin ada keberkahan kalau masyarakat di sekitar pabrik kesusahan. Tujuan bisnis supaya kita bisa tumbuh utuh sebagai manusia secara bersama dan ini harus ketemu antara pengusaha dengan masyarakat,” pungkasnya.

Selanjutnya, Gubernur NTB menyerahkan bantuan kepada dua mesjid di desa Doropeti kabupaten Dompu dan penyerahan bantuan berupa bibit, pupuk organik dan peralatan inseminasi kepada masyarakat.

Terakhir, Gubernur NTB memfasilitasi dialog antara PT. SMS dan masyarakat sekitar untuk mengetahui masalah dan solusi yang diharapkan oleh kedua belah pihak.(EZ)

iklan

Komentar