Sumbawa Gandeng Swasta untuk Olah Sampah Menjadi Energi Listrik

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah Kabupaten Sumbawa mencanangkan Sumbawa Bebas Sampah di Tahun 2023 dengan mengubah sampah atau limbah rumah tangga menjadi energi terbarukan atau menjadi energi listrik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Abdul Haris Sos, kepada media Selasa 01 Desember 2020, menyampaikan bahwa dalam penanganan sampah yang ada di kabupaten sumbawa pemerintah daerah berkerja sama dengan PT. Kaltimek energi yang berlokasi di Jakarta.

Aktifitas di TPA Sampah Raberas di Sumbawa

“Sementara untuk progres saat ini sudah melakukan penandatanganan MOU,perjanjian kontrak kerja (PKS), dan sekarang ini PT. Kaltimek energi sudah mengirim feasibility study (FS) terkait analisa kondisi Kabupaten Sumbawa yang sekarang sedang di dalami pemerintah daerah. Sebelumnya Pemda dan PT Kaltimek Energi sudah menandatangani MoU,” ungkap Abdul Haris.

Sebagai syarat PT Kaltimek Energi untuk beroprasi di Sumbawa ada berapa hal yang perlu dibuat dan di persiapkan agar Peda Sumbawa bisa merekomendasikan perusahaan tersebut beroperasi. Syarat itu antara lain surat rekomendasi dari Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral untuk membangun pasilitas persampahan di Kabupaten Sumbawa.

“Jika hubungan kerja sama berjalan maka sampah yang sekarang menjadi persoalan dan menumpuk di TPA tidak lagi menjadi persoalan, karena akan langsung diambil perusahaan tersebut untuk diolah menjadi energi listrik. Selanjutnya energi listrik yang dihasilkan di kerjasamakan dengan pihak PLN,” jelasnya.(Mr)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.