Program 100 Hari Pertama Bupati – Wabup KSB, Penuntasan Pilar 4 dan 5 STBM Terus Digenjot

KabarNTB, Sumbawa Barat – Program kerja 100 hari pertama bupati-wakil bupati Sumbawa Barat untuk menuntaskan Pilar 4 dan 5, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yaitu pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga terus digencarkan.

Pada Selasa pagi 9 Maret 2021 di lantai 3 Gedung Sekretariat Daerah, Bupati HW Musyafirin, memimpin rapat percepatan pelaksanaan program kerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati KSB untuk penuntasan Program STBM dan mensukseskan pelaksanaan lomba kampung sehat jilid II di KSB.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin berbicara dalam rakor percepatan penuntasan pilar 4 dan 5 STBM serta persiapan lomba kampung sehat jilid II

“Target 100 hari penuntasan Program STBM direncanakan akan dimulai sejak 28 Februari hingga 2 Juni 2021. Proses perekrutan Agen PDPGR sudah dimulai, para ASN di lingkungannya akan menjadi ASN pendamping untuk melakukan verifikasi awal sementara sebelum agen PDPGR belum terbentuk,” ujar Bupati.

Sementara persiapan Lomba Kampung Sehat Jilid II tahun 2021 akan berakhir pada 20 Mei 2021 sesuai dengan target awal. Bupati menyampaikan, prasyarat KSB menuju Kampung Sehat yakni dengan tuntasnya semua pilar STBM. Hal ini kemudian akan terealisasi dengan kekompakan dan sinergitas semua stakeholders yang ada.

“Dengan sinergitas jajaran TNI, Polri, Agen PDPGR, para ASN, keterlibatan Tim Penggerak PKK, anak-anak sekolah dan semua stakeholders yang ada mulai dari Kecamatan hingga lingkup terkecil di pemerintahan desa, saya yakin dengan 100 hari saja kita bisa tuntaskan pilar 4 dan 5 STBM,” tegasnya.

Selain itu, Agen PDPGR yang sudah mulai direkrut nantinya akan bertanggung jawab dimasing-masing bidang. Bupati juga menekankan bahwa Agen PDPGR bukanlah pesaing bagi pemangku kepentingan lainnya.

“Saya tekankan lagi pak kades, pak lurah nanti agen akan ada yang bertanggung jawab menjadi kader posyandu, ada kader sanitarian, kader dasawisma, dan kesejahteraan sosial ekonomi. Jangan dianggap ini sebagai pesaing. Kita berharap semua saling sinergi, saling bantu membantu, tidak ada atasan bawahan. Semua pihak kita libatkan, bagaimana semua pihak bisa berpartisipasi aktif dan massif dalam menuntaskan STBM dan mensukseskan Lomba Kampung Sehat Jilid II,” bebernya.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.