‘Ntek Dulang’ dan ‘Mangan Roa’ Tradisi Leluhur Warga Batu Rotok Jelang Ramadhan

KabarNTB, Sumbawa – Tradisi Ntek Dulang Ko Masjid dan Mangan Roa menjelang datangnya bulan suci ramadhan selalu dilaksanakan oleh seluruh masyarakat di seluruh desa yang ada di Kecamatan Batu Lanteh Sumbawa, termasuk di Desa Batu Rotok. Pada Jum’at pagi 09 April 2021, warga desa setempat terlihat berbondong-bondong mendatangi masjid dengan membawa aneka masakan yang dibawa menggunakan nampan (dulang) untuk pelaksanaan tradisi Ntek Dulang Ko Masjid dan Mangan Roa.

Kepala Desa Batu Rotok Edi Wijaya Kusumah, menjelaskan, tradisi menyambut bulan suci Ramadhan itu telah ada sejak nenek moyang warga Batu Rotok. “Generasi sekarang hanya meneruskan apa yang telah dilakukan oleh leluhur kami terdahulu menjelang bulan suci Ramadhan,” ucapnya.

Tradisi leluhur yang dilakukan bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan yang lainnya ini tentunya membawa makna yang sangat besar, terutama ajang kebersamaan silaturrahim dengan bersama – sama memohon kepada tuhan yang maha kuasa (Allah SWT) akan kemuliaan dan keberkahan yang ada di dalam bulan ini, lantaran Bulan Ramadan yang tinggal menghitung hari tentunya sangat disambut umat muslim dengan berbahagia.

Bukan itu saja, masyarakat juga sangat antusias menunggu kedatangan bulan Ramadan, lantaran banyak sekali amalan amalan yang dapat dilakukan seorang muslim pada bulan Ramadan ini. Akan sangat merugi seorang muslim bila tidak memanfaatkan datangnya bulan Ramadan ini dengan memperbanyak amalannya.’’ Ungkapnya’’.

“Makanan yang di bawah dengan dulang, merupakan buatan terbaik dari kaum ibu-ibu dan remaja putri yang bahannya dari hasil sawah dan ladang mereka sendiri,” jelasnya.

Tradisi tersebut, selain untuk silaturrahim, juga sebagai ajang saling memaafkan jelang Ramadhan. Untuk itu pada moment tersebut, dirinya selaku pemerintah desa berharap tradisi dimaksud tetap ada dan dilestarikan hingga turun temurun.

“Semoga di bulan suci Ramadhan kita semua tetap diberikan kesehatan dan umur panjang dalam menjalankan ibadah dengan baik sebagai bentuk ketaqwaan terhadap Allah SWT. Sudah tentu akan banyak lagi hikmah puasa yang akan didapat apabila dijalankan dengan serius dan sepenuh hati di ramadhan tahun ini dengan harapan menjadi manusia yang lebih baik,” demikian Kades Edi.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.