Pembangunan Berwawasan Lingkungan, Implementasi NTB Hijau di RPJMD Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, diwakili Staf Ahli Bupati Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Zainal Abidin, membuka secara resmi sekaligus menjadi narasumber, dalam kegiatan Workshop Bagi Hasil Kelompok Kemitraan Kehutanan BKPH Batulanteh, di Aula Hotel Grand Samota Sumbawa, Kamis 27 Mei 2021.

Workshop dengan topik Mewujudkan NTB Hijau Perspektif Pemerintah Kabupaten Sumbawa, yang berkenaan dengan berjalannya Proyek II Forest Investment Program (FIP II) Kementerian Lingkungan Hidup ini, dihadiri pula Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Kepala Balai KPH Batulanteh, dan peserta dari Mitra Kerja KPH Batulanteh.

Staf Ahli Bupati Sunbawa Bidang SDA dan Kemasyarakatan, Zainal Abidin, menjadi narasumber, dalam kegiatan Workshop Bagi Hasil Kelompok Kemitraan Kehutanan BKPH Batulanteh

Selepas membuka workshop, Zainal Abidin menyampaikan materi yang bertopik Mewujudkan NTB Hijau Perspektif Pemerintah Kabupaten Sumbawa, didepan sekitar 25 orang peserta. Disampaikan, salah satu program jangka pendek Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban, adalah Meningkatkan Kebersihan, Keindahan Taman, dan Ruang Terbuka Hijau, serta Penanganan Sampah.

“Implementasi Program NTB Hijau dalam RPJMD Kabupaten Sumbawa Tahun 2021 – 2026 dalam Misi ke-5 Sumbawa Tangguh dan Berkelanjutan, yakni menyelenggarakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.

Adapun implementasi pembangunan berwawasan lingkungan di Kabupaten Sumbawa, sebutnya, yaitu dengan Program Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan Hidup serta Peningkatan Pengendalian Polusi, Program Pengembangan Kinerja Pengelolaan Persampahan, Program Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam, dan Program Peningkatan Kualitas dan Akses Informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa sektor kehutanan mampu menyokong perekonomian daerah dan nasional. “Hutan mampu mendukung kelestarian lingkungan dan mengurangi terjadinya bencana” ucapnya. Implementasi Program NTB Hijau dalam setiap level pemerintahan (kabupaten, kecamatan, dan desa), diharapkan dapat mewariskan kebahagiaan bagi generasi mendatang, papar Staf Ahli.

Ditambahkannya, keterlibatan dalam mendukung Program NTB Hijau, merupakan bentuk kontribusi kita dalam mengatasi persoalan pemanasan global. “Sinergi yang baik antara pemerintah, swasta dan masyarakat, menjadi kunci berhasilnya Program NTB Hijau” tutup Zainal Abidin.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.