KPU Serahkan Dokumen dan Buku Penyelenggaraan Demokrasi di NTB ke Perpustakaan

KabarNTB, Mataram – Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB menyerahkan buku serta dokumen yang terkait penyelenggaraan demokrasi di NTB kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Selasa 8 Juni 2021.

Penandatangan penyerahan tersebut dilaksanakan di Kantor KPU NTB oleh Ketua KPU NTB Suhardi Soud, SE, MM dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Julmansyah, S. Hut., M.A.P.

Ketua KPU NTB, Suhardi Soud dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Julmansyah, berfoto bersama usai menandatangani berita acara penyerahan dokumen dan buku oenyelenggaraan demokrasi di NTB

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU NTB, menyampaikan apresiasi terhadap keterbukaan dan respons Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, agar dokumen dan buku dokumentasi penyelenggaraan demokrasi di NTB dapat dibaca oleh banyak orang.

“Selama ini cukup banyak dokumen yang dihasilkan, akan tetapi baru sekarang hasil yang didokumentasikan disampaikan secara resmi kepada OPD pengelola koleksi perpustakaan dan arsip agar bisa dibaca dan dipelajari masyarakat luas,” ucap Suhardi.

Adapun dokumen dan buku yang diserahkan sebanyak 66 judul dengan total sebanyak 1.746 eksemplar. Selanjutnya dokumen ini akan dipilah atau disortir oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, mana yang menjadi arsip statis dan mana dokumen yang menjadi koleksi perpustakaan. “Dokumen yang turut diserahkan meliputi terbitan dari tahun 2014 sampai tahun 2020,” imbuh Ketua KPU NTB.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah, sangat mengapresiasi upaya KPU untuk menyerahkan karya cetak karya rekam sebagai koleksi perpustakaan. Disamping itu, ujarnya KPU sebagai pencipta arsip menyerahkan arsip statis kepada lembaga kearsipan daerah.

“Dokumen-dokumen ini akan memperkaya koleksi dan khasanah perpustakaan kita, sehingga akan memudahkan pemustaka, para peneliti, mahasiswa dan masyarakt umum dalam mengakses sumber informasi dan koleksi bacaan,” jelasnya.

Langkah KPU NTB diharapkan dapat menstimulus lembaga lain maupun OPD Provinsi untuk mulai sadar arsip dan menyerahkan karya cetak karya rekam kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB.(NK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.