Puluhan Preman di Kota Mataram Diamankan

KabarNTB, Mataram – Polresta Mataram NTB, mengamankan 86 oran g yang di duga sebagai preman dalam operasi penertiban yang dilaksanakan Senin14 Juni 2021.

Puluhan preman tersebut ditangkap Tim Tindak Khusus yang dipimpin Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, dibackup Intelpolkam dan Propam Polresta Mataram.

Puluhan preman yang diamankan Polresta Mataram

Operasi ini dilaksanakan atas dasar intruksi langsung dari Kapolri guna menciptakan rasa aman dan kenyamanan masyarakat.

Dari total jumlah preman yang diamankan, 72 orang berprofesi sebagai parkir liar, 6 orang pellaku Pungli, 1 orang di duga lakukan pemalakan angkutan umum, serta 7 orang dept kolektor.

“Mereka melakukan aksinya di berbagai tempat, ada di objek wisata, pertokoan, pasar, terminal, serta ada yang menjadi penagih hujang (depkolektor),” ungkap Kapolresta Mataram Kombes Pol Heri Wahyudi di dampingi Kasat Reskrim Polresta Mataram, dan Inspektorat Kota Mataram, saat konfrensi pers di Polresta Mataram, selasa 15 juni 2021.

Selain itu, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa, 1 lembar kwitansi bukti pungutan liar, 2 buah kartu ATM, 1 buah bukti transfer, 1 buah botol plastik yang berisi uang koin, 1 buah tas pinggang, 1 buah akta pendirian organisasi, 3 buku catatan keluar masuk uang, 1 buku catatan nama salah satu toko di Bertais, serta uang tunai sebesar Rp. 6.754.400.

Dari barang bukti yang diamankan, petugas akan melakukan penyelidikan yang mendalam secara perorangan. Hal ini dilakukan untuk membuktikan 86 orang tersebut terbukti melakukam tindakan premanisme (pemerasan dan pungli).

“Jika mereka terbukti lakukan tindak premanisme, maka, akan kita jerat dengan pasal 368 KUHP dengan hukumam 9 tahun penjara, sedangkan jika tifak terbukti kami akan lakukan pembinaan,” tandasnya.(NK/JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.