Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, RSUD Sumbawa Bangun Ruang Perawatan Baru

KabarNTB, Sumbawa – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa membangun ruangan perawatan baru untuk menambah jumlah ruang rawat dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Di Sumbawa sendiri, per hari Sabtu 09 Juli 2021, jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 113 orang.

Perkembangan kasus yang signifikan itu membuat Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Satgas Penanganan Covid-19 melakukan berbagai langkah, termasuk menyiapkan sarana prasarana pendukung untuk menangani pasien covid yang harus mendapatkan perawatan medis.

Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumbawa, H Hasan Basri bersama Dirut RSUD, Dandim 1607 dan Kapolres saat meninjau progress pembangunan ruangan perawatan baru RSUD Sumbawa untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19

Ruang perawatan pasien covid-19 di RSUD Sumbawa berlokasi di Dusun Sering, Desa Kerato Kecamatan Unter Iwis. Saat ini ruang perawatan tersebut dalam proses pembangunan dan diperkirakan seminggu ke depan sudah bisa digunakan.

Wakil Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa, H Hasan Basri, mengatakan, penambahan ruang perawatan di RSUD sebagai bentuk kesiapan Pemda Sumbawa menghadapi pandemic yang tidak diketahui kapan akan berakhir. Sebab sekarang ini selain yang mendapat perawatan medis, masih ada warga yang bergejala.

“Kita tidak ingin dibuat kalang kabut ketika terjadi penambahan kasus secara signifikan. Dengan apa yang kita lakukan ini memberikan gambaran jika kita sudah siap. Tapi kami berharap angka covid semakin menurun hingga ke titik nol. Jadi, kami bangun dan melakukan penambahan ruangan ini tidak harus terisi. Saya tegaskan lagi, ini hanya untuk persiapan saja,” ucap Haji Bas yang didampingi Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri, kepada wartawan usai meninjau pembangunan ruang perawatan RSUD,, Ahad 10 Juli 2021.

Selain menyiapkan penambahan ruang perawatan, lanjut Haji Bas, di lokasi yang sama, pihaknya telah
menyiapkan aula yang nantinya akan disekat-sekat untuk menangani pasien covid tanpa gejala.
Ruang aula ini cukup representative, selain besar, juga terdapat halaman yang cukup luas untuk pasien berolahraga dan berjemur. Tidak jauh dari aula, terdapat bangunan yang digunakan untuk laundry khusus pakaian para pasien tersebut.

Sementara Direktur RSUD, dr. Dede menyebutkan saat ini di RSUD Sumbawa khususnya lokasi Sering, terdapat 25 pasien covid yang dirawat. Kapasitas ruangan yang dimiliki rumah sakit masih mencukupi. “Kapasitas ruangan bisa menampung 40 pasien covid. Dan sekarang ada penambahan ruangan yang sedang dibangun dengan kapasitas 13 orang. Artinya, RSUD memiliki ruang perawatan dengan kapasitas 53 orang,” bebernya.

Ia berharap dengan ketersediaan dan penambahan ruang perawatan, penanganan pasien covid lebih maksimal. Tentunya angka kesembuhan pasien covid semakin meningkat.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.