Bupati Sumbawa : Masyarakat Perlu Berinovasi untuk Gairahkan Pariwisata di Masa Pandemi

KabarNTB, Sumbawa – Bupati diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, H. Hasan Basri, membuka secara resmi Talkshow Pariwisata bertajuk “Menata Pariwisata Di Masa Pandemi” yang diselenggarakan DPC Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Kabupaten Sumbawa, di Dermaga Amanwana, Kecamatan Labuan Badas, Senin pagi 12 Juli 2021.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda, Bupati memberi apresiasi jajaran DPC Asparnas Kabupaten Sumbawa yang telah menginisiasi terselenggaranya talk show dimaksud.

Sekda H Hasan Basri mewakili Bupati membuka kegiatan talk show menggairahkan pariwisata di masa pandemi yang diselenggarakan DPC Asparnas Sumbawa

Sebagai daerah dengan segudang keindahan alam maupun kearifan budaya lokal yang dimiliki, Bupati menyatakan Kabupaten Sumbawa memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui sektor pariwisata, jika mampu dikelola dengan baik.

Namun, upaya mengembangkan pariwisata Sumbawa nampaknya menemui hambatan akibat merebaknya pandemi Covid-19. “Adanya pembatasan masyarakat untuk bepergian dan berkerumun secara tidak langsung telah berdampak negatif terhadap pendapatan dan keberlangsungan usaha para pegiat pariwisata dan para pelaku UMKM,” sebutnya.

Dampak lainnya ialah banyaknya pekerja di bidang pariwisata yang harus kehilangan mata pencaharian akibat berkurangnya lapangan kerja. Padahal, sebut Bupati, selama ini pariwisata merupakan salah satu sektor padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja.

Karena itu, Bupati meminta semua pihak yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan itu dengan sebaik-baiknya, agar dapat merumuskan gagasan dan rekomendasi guna meningkatkan kualitas pengelolaan destinasi wisata daerah dan juga peran aktif masyarakat untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat tetap survive meski tengah dihantam badai pandemi.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.