Bupati Sumbawa Tinjau Pembangunan Ponpes Assalam Olat Rawa

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah daerah terus menunjukkan komitmen mendukung perkembangan lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren. Selasa pagi 27 Juli 2021, Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah, meninjau langsung ke lokasi pembangunan Ponpes Assalam di kawasan Olat Rawa, Kecamatan Moyo Hilir.

Pembangunan Ponpes yang berada di bawah naungan Yayasan Assalam Nusantara ini disambut baik Bupati. Ia menyebut kunjungannya ini sekaligus untuk memastikan seluruh proses pembangunan yang telah berlangsung sejak Januari 2020 yang lalu ini berjalan lancar.

Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah berfoto bersama di lokasi pembangunan Ponpes Assalam Desa Olat Rawa kecamatan Moyo Hilir

“Di era ini, ijtihad pondok pesantren untuk mengembangkan ilmu keislaman dan moralitas luhur, cenderung dicurigai dan sering diasosiasikan sebagai predikat yang dapat menimbulkan kesalahpahaman, seperti fundamentalisme, ekstrimisme, radikalisme dan bahkan terorisme. Karena itu, merupakan tantangan besar bagi pondok pesantren untuk meluruskan stigmatisasi negatif tersebut,” ujar Bupati di sela-sela kunjungannya.

Bupati juga mengingatkan agar pondok pesantren harus kembali menekankan karakter dasarnya sebagai lembaga keagamaan dengan karakteristik yang pluralis, berwatak kerakyatan dan kebangsaan. “Harapan kita, tentu saja nantinya Ponpes Assalam dapat mengaktualisasikan perannya dalam membantu pemerintah daerah mewujudkan pembangunan karakter generasi Tana’ Samawa berlandaskan falsafah hidup Tau Samawa, yakni ‘Takit Ko Nene Kangila Boat Lenge’,” ucapnya.

Sementara itu, Pendiri Ponpes Assalam, Sahrul Salam, kepada media mengatakan dalam waktu dekat, Ponpes Assalam akan menerima 20 santri nonformal. Ia juga mengungkapkan, dengan desain pesantren salaf tradisional, Ponpesnya akan mengajarkan materi Bahasa Arab, kitab kuning, dan tahfidz Quran.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.