IISWARA Sumbawa Gelar Bimtek Public Speaking dan Kepemimpinan

KabarNTB, Sumbawa – Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviani, membuka Bimtek yang dilaksanakan Ikatan Istri Wakil Rakyat (IISWARA) DPRD Kabupaten Sumbawa dengan tema “Peningkatan Kemampuan dan Pengetahuan IISWARA melalui Pelatihan Pemberdayaan Perempuan”, Sabtu 6 Nopember 2021.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa sangat mensupport acara ini, karena materi yang diangkat sangat penting dan secara langsung narasumbernya datang dari Jakarta dan hari sebelumnya juga telah berkunjung melihat distinasi wisata unggulan kita yakni air terjun Mata Jitu di Pulau Moyo. Saya ikut bangga karena acara ini dikomandoi Ketua IISWARA, dr Selvi. Beliau dokter yang tangguh, yang luar biasa melayani masyarakat khususnya di bidang kesehatan,” beber Wabup.

Wakil Bupati Sumbawa, dewi Noviany saat membuka Bimtek Public Speaking yang dilaksanakan IISWARA DPRD Sumbawa

Selain itu, sambungnya, kegiatan Bintek tersebut juga untuk memotivasi perempuan. Perempuan jangan hanya mendampingi suami di acara seremonial, tetapi perempuan bisa sejajar dengan kaum laki-laki. “Kita lihat sendiri istri ketua DPRD menjadi dokter dan juga istri anggota dewan lainnya ada yang menjadi guru dan pengusaha. Ini sangat positif karena Pandemi memberikan dampak yang luar biasa terhadap perekonomian Sumbawa,” katanya.

“Perempuan secara umum pekerjaannya mendampingi suami, merawat anak, mempersiapkan kebutuhan keluarga di rumah, merupakan pekerjaan yang rutinitas dari pagi hingga malam sehingga dibutuhkan perempuan yang tangguh, tidak hanya dari luar tapi juga dari dalam,” imbuhnya

Menurutnya, kegiatan tersebut juga bisa menggali bagaimana perempuan tampil cantik luar dan dalam, membangun kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. “Hal ini harus dilatih karena dalam menyampaikan informasi itu harus tuntas dan tidak setengah setengah. Yang kedua perempuan itu tidak boleh cengeng sedih dalam mendampingi suami,” tandasnya.

Ketua panitia pelaksana, Zulzilawati Syamsul Fikri menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya merespon era informasi dan teknologi yang begitu pesat. Hampir setiap saat lalu lintas informasi dan kehadiran teknologi informasi menjadi menu sehari-hari masyarakat. Karena itu setiap individu dituntut untuk terus melatih diri meningkatkan kapasitas dan meng-upgrade pengetahuan, pengalaman dan pemahaman skill dan wawasan sehingga setiap individu harus mampu dan memiliki kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual.

“Dalam kegiatan ini, kami selaku panitia merasa penting menghadirkan acara yang menjadi kebutuhan individu khususnya bagi kaum perempuan untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan baik dalam rumah tangga maupun dalam interaksi sosial kemasyarakatan. Karena itu sengaja tema seminar kami pilih public speaking guna mendapatkan pembekalan dan informasi yang berkaitan dengan cara mengelola ide dan gagasan dan informasi, melatih mental, berpenampilan menarik dalam berbicara sekaligus memberi performa terbaik dalam setiap Event formal maupun nonformal,” bebernya.

Kegiatan berlangsung dua hari sampai 7 November 2021. Kegiatan hari diisi dengan Bimtek peningkatan potensi kaum perempuan tentang public speaking hari kedua seminar tentang berpenampilan cantik menawan dan sehat serta kiat menjaga kebugaran dengan pemateri Putri pariwisata Indonesia 2014.

Sementara Ketua IISWARA DPRD Sumbawa dr Selvi Abdul Rafiq, mengatakan, tidak hanya menggelar Bimtek, IISWARA juga melaksanakan kegiatan sosial, diantaranya adalah pemberian bantuan 740 paket sembako untuk lansia dan penyandang disabilitas ada 740 yang tersebar di seluruh Kecamatan di Sumbawa.

“Ada pula pemeriksaan audiometri bagi mahasiswa-mahasiswi yang tunarungu kerjasama dengan dokter spesialis THT untuk mengetahui seberapa besar kemampuan pendengarannya dan terjaring 4 orang yang dibantu. Serta bantuan 35 unit kursi roda bagi yang membutuhkan, bantuan timbangan digital bayi di kecamatan-kecamatan akan disalurkan dalam waktu dekat, urai dr Selvi.

Dalam acara tersebut hadir ketua IISWARA, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sumbawa, Ketua Tim PKK Kabupaten Sumbawa, diwakili Hj Yuniati Ishak, Ketua Darmawanita Persatuan Kabupaten Sumbawa Hj. Rohani Hasan Basri, Ketua Persit Candra Kirana, Ketua Bayangkari Kabupaten Sumbawa, ketua persatuan wanita pengadilan Kabupaten Sumbawa, Pengurus dan Anggota GOW Kabupaten Sumbawa, dan Putri Indonesia Pariwisata 2014 dr
Estelita Liana.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.