Optimalkan SPBE, Diskominfo KSB Kembangkan Jaringan Fiber Optik

KabarNTB, Sumbawa Barat — Dinas Komunikasi dan Informatikan Sumbawa Barat mengembangkan jaringan fiber optik di kawasan Kemutar Telu Centre (KTC) Taliwang, untuk mendukung Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) yan akan rencananya akan mulai diterapkan tahun 2022 mendatang dan smart city.

“Model pengembangan yang dilakukan nantinya dengan memasang perangkat lunak agar kekuatan dan kemantapan infrastruktur fiber optik lebih efektif dan efisien,” ungkap Kabid Kominfo dinas setempat, Firman Dwiputra, Kamis 4 Nopember 2021.

Ilustrasi (net)

Menurut Firman, peningkatan kekuatan dan kemantapan mesti dilakukan karena banyak sistem dalam tata kelola pemerintahan yang saat ini beralih ke sistem digital berbasis tekhnologi informasi (IT). “Sebelumnya sejak 2018 di setiap SKPD ada perangkat terpasang, tetapi akan kita perkuat lai dengan perangkat baru agar performa sistem informasi di SKPD akan lebih optimal dan cepat,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, koneksi fiber optik secara teori memang tidak memiliki batasan bandwidth karena menggunakan  jalur dedicated bandwidth data, dimana kemampuannya hanya dibatasi oleh kemampuan sarana-prasana di titik-titik media terpadu. Hal inilah yang menyebabkan koneksi fiber optik menjadi yang terdepan karena mampu menghasilkan kecepatan hingga beberapa gigabites per second.

“Soal keamanan, fiber optik bisa dibilang sangat sulit untuk ditembus, sehingga jauh lebih aman karena bebas ancaman penyadapan atau pengguna yang mengakses secara illegal,” sebutnya.

Keamanan ini berpengaruh terhadap data di setiap SKPD sebagai data pemerintah yang harus tersimpan dengan baik. “Dengan adanya perangkat baru ini, diharapkan kinerja SKPD akan semakin baik dan muncul inovasi dalam memajukan daerah, termasuk dalam mendoron aparatur untuk lebih produktif dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” demikinan Firman Dwiputra.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.