Bintang Bano, Bendungan Indah di KSB Diresmikan Presiden Jum’at Besok

KabarNTB, Sumbawa Barat – Bendungan Bintang Bano, di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan diresmikan Presiden Jokowi, Jum’at 14 Januari 2021, lusa.

Sejak beberapa hari terakhir, rencana kedatangan Presiden untuk meresmikan bendungan indah bernilai Rp 1,3 Triliun yang terletak di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea itu intens dilaksanakan Pemerintah Daerah bersama protokoler istana.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (rompi kuning) bersama Bupati KSB, HW Musyafirin (topi coklat) saat meninjau persiapan peresmian oleh Presiden di lokasi Bendungan Bintang Bano (12/1)

Pada Rabu 12 Desember 2021, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono datang ke Bendungan Bintang Bano untuk meninjau langsung kesiapan peresmian oleh Presiden.

Menteri Basuki mendarat di Bintang Bano dengan menumpang helicopter sekitar pukul 10.00 Wita. Ia disambut Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin dan pejabat lainnya yang telah menunggu di lokasi.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda KSB, Suryaman, yang mendampingi Bupati, mengatakan, Menteri PUPR menyatakan Bendungan Bintang Bano sudah siap untuk diresmikan Presiden.

“Beliau (Menteri PUPR) bersama Pak Bupati dan Wabup, meninjau sejumlah fasilitas bendungan, termasuk persiapan di lokasi acara peresmian,” jelas Suryaman, usai kunjungan.

Rencananya, Presiden Jokowi akan menumpang Hely Suler Puma dari Bandara Internasional Lombok langsung mendarat di lokasi Bendungan Bintang Bano. Bupati KSB, kata Suryaman, menjelaskan kepada Menteri PUPR berbagai persiapan terkait peresmian.

“Termasuk alternatif untuk helicopter yang membawa Presiden untuk mendarat di halaman Masjid  Agung Darussalam, KTC, jika cuaca di lokasi bendungan tidak memungkinkan,” imbuhnya.

Usai acara peresmian Presiden rencananya akan melaksanakan ibadah sholat Jum’at di masjid yang ada di lokasi bendungan.

Bendungan Bintang Bano dengan luas daerah genangan 200 hektare lebih di kelilingi oleh hutan yang masih perawan dengan panorama yang menakjubkan. Bendungan yang akan mengairi lahan pertanian seluas 6.000 hektar itu terletak di ketinggian sekitar 270 meter diatas permukaan laut.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.