Presiden Resmikan Bintang Bano, Bendungan Paling Indah dan Terbesar di NTB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Presiden Joko Widodo, meresmikan Bendungan terbesar sekaligus terindah di NTB, Bendungan Bintang Bano, di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, Jum’at pagi 14 Januari 2022.

Presiden yang hadir bersama ibu negara, Iriana Joko Widodo, mendarat di bendungan Bintang Bano sekitar pukul 10.15 Wita disambut Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin, Dandin 1628/SB Letkol Czi Sunardi dan Kapolres AKBP Heru Muslim.

Turut Hadir mendampingi Presiden, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR, Gubernur NTB dan Bupati Sumbawa Barat saat meresmikan Bendungan Bintang Bano, di Desa Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea (14/1)

Dalam sambutan singkatnya, Presiden mengatakan, Bendungan Bibtang Bano merupakan bendungan ke 29 yang diresmikan sejak 2015. “Kita harapkan sampai akhir 2024, total bendungan yang selesai dibangun sebanyak 57 bendungan di seluruh Indonesia,” ucap Presiden.

Program pembangunan puluhan bendungan itu, sambungnya, sebagai penunjang program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintah.

“Ketahanan pangan, kemandirian pangan, kedaulatan pangan, baru bisa terjadi kalau di seluruh provinsi ada air. Kuncinya ada air. Air itu ada kalau kita punya bendungan sebanyak-banyaknya, oleh sebab itu kenapa bendungan-bendungan ini kita bangun,” urainya.

“Alhamdulillah hari ini kita meresmikan Bendungan Bintang Bano yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,44 Triliun. Kita harapkan bendungan ini bisa mendukung kebutuhan air baku dan ketahanan pangan di provinsi NTB,” imbuh Presiden.

Bendungan Bintang Bano dibangun sejak 2015 dengan daya tampung yang sangat besar, yakni 76 juta meter kubik air dengan luas daerah genangan 256 Hektar dan mampu mengairi lahan awluas 6.700 hektar.

Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh presiden dan pelepasan ikan ke bendungan. Presiden Ibu Negara juga berkesempatan berkeliling menikmati keindahan bendungan Bintang Bano dengan menaiki perahu mengarungi daerah genangan bendungan.

Perihal keindahan bendungan Bihtang Bano, siakui oleh Mentwri PUPR, Basuki Hadimuljono.

“Dari 29 bendungan yang sudah diresmikan, Bintang Bano ini memang beda. Selain menjadi bendungan terbesar di NTB, bendungan ini juga indah karena dikelilingi kawasan hutan yagg sangat lebat. Kalau bendungan lain, masih kelihatan bekas bekas tanah gunung digerus, Bintang Bano semuanya hijau,” beber Menteri PUPR, kepada wartawan usai acara peresmian.

Karena itu, Menteri berpesan kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan disekitarnya yang menjadi sumber air Bendungan Bintang Bano, agar keberadaan dan manfaat Bendungan tersebut bisa dirasakan masyarakat dalam waktu yang lama.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.