Bupati Sumbawa : “Pendidikan karakter merupakan perwujudan dari visi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban”

KabarNTB, Sumbawa – Pendidikan karakter merupakan perwujudan dari visi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban. Dimana Sumbawa Gemilang memilik makna bahwa masyarakat Kabupaten Sumbawa mampu bersaing dengan daerah lain, baik secara nasional maupun internasional.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah Meresmikan Gedung Baru SDN Lempeh pada Jum’at pagi, (4/2) ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sumbawa didampingi Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Kadis Dikbud serta Kepala Sekolah SDN Lempeh.

Dalam kesempatan tersebut, bupati mengatakan, berkeadaban bermakna walaupun masyarakat Kabupaten Sumbawa sudah maju dan berkembang, tidak melupakan jati dirinya sebagai Tau dan Tana Samawa.

Menurutnya, pendidikan karakter ini harus dimulai dari bawah yaitu dari usia sekolah dasar karena itu merupakan masa-masa emas bagi anak-anak.

“Jadi itulah harapan kita, mengapa pendidikan karakter ini kita coba terapkan kembali dari usia sekolah dasar. Sehingga pendidikan karakter ini tidak akan terlupakan hingga mereka dewasa,” tandasnya

Selain mempelajari budaya Sumbawa, ia juga mengajak anak-anak untuk lebih mengenal dan mempelajari budaya daerah lain, terlebih Kabupaten Sumbawa juga dikenal sebagai miniatur Indonesia karena dihuni oleh masyarakat yang berasal dari berbagai etnis.

“Oleh karena itu, kedepannya Bupati berharap tidak lagi terjadi konflik yang berkaitan dengan isu SARA. Ini harus kita hilangkan dan tinggalkan, karena ini tidak akan membuat kita maju,” pungkasnya.(JK)

Komentar