Tim Kesenian KSB Tampil Memukau di Parade Kebudayaan HPN Kendari

KabarNTB, Kendari –  Tim Kesenian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tampil  memukau di hadapan masyarakat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara dan para tamu undangan dari seluruh Indonesia dalam Parade Kebudayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Lapangan Eks MTQ, Kota Kendari, Senin malam, 7 Februari 2022.

Tim kesenian dari KSB menampilkan tradisi lisan ‘Serune Ratib Sakeco’ yang dibawakan oleh empat orang siswa – siswi SMP dan SMA dari Sanggar Pusaka Langit binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KSB.

Bupati KSB (baju batik) bersama Kadis Dikbud, Khusnarti S.Pd, serta pejabat lainnya berfoto bersama Tim Kesenian usai tampil di acara Parade Kebudayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, Sulawesi Tenggara (7/2)

Menurut Kadis Dikbud KSB, Khusnarti, S.Pd, Serune Ratib Sakeco adalah perpaduan permainan serune (seruling khas Tana Samawa), pukulan ‘ratib rebana ode’ dan ‘sakeco’. Kesenian khas tersebut ditampilkan dengan sangat apik oleh Shulthanah Zafirah Lufhfiyyah, Moza Ramadhani, Rivaldi Alfarizi dan Ahmad Al Qatiri.

“Secara umum syair sakeco yang ditampilkan bertutur tentang kolaborasi semua komponen di KSB dalam tradisi Siru’ (gotong royong) yang telah sukses menjadi instrumen pembangunan di KSB,” ungkap Khusnarti yang didampingi Sajadah S.Sos, Kabid Kebudayaan sekaligus koreografer Serune Ratib Sakeco, usai pementasan.

Pemerintah daerah KSB dibawah kepemimpinan Bupati HW Musyafirin, telah melembagakan budaya siru’ melalui Perda Nomor 3 Tahun 2016 yang diubah dengan Perda Nomor 1 tahun 2021 tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR).

Siru’ yang dilembagakan melalui PDPGR terbukti menjadi solusi dari berbagai persoalan masyarakat, efektif untuk pelaksanaan program pembangunan, memastikan terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat, serta pelaksanaan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan partisipatif.

“Nilai, semangat dan capaian dari program berlandaskan semangat gotong royong atau siru’ inilah yang ingin kami sebarluaskan ke seluruh Indonesia melalui serune ratib sakeco yang kami tampilkan. Alhamdulillah mendapat sambutan luarbiasa dari masyarakat di Kendari,” tambah Ajad Sajadah yang juga Pembina Sanggar Pusaka Langit.

Bupati KSB, HW Musyafirin hadir menyaksikan penampilan Tim Kesenian KSB. Bupati yang didampingi Kepala Bappeda Litbang, Kadis Dikbud dan sejumlah pejabat lainnya, menyampaikan apresiasi atas penampilan Tim Kesenian KSB.

Bupati peraih Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di HPN Kendari itu langsung naik keatas panggung menyampaikan apresiasi atas penampilan dan berfoto bersama Tim Kesenian KSB.(*)

Komentar