Tak Berijin, 3 Bank Rontok ‘Diusir’ dari KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat РSebanyak tiga koperasi  simpan pinjam (baca : Bank Rontok) yang beroperasi di Sumbawa Barat di usir Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sumbawa Barat karena tidak memiliki ijin operasional.

“Ada 9 koperasi yang sudah dideteksi dari luar KSB melakukan kegiatan pinjam meminjam uang kepada masyarakat. Namun baru kami pulangkan 3 koperasi, karena belum mengantongi izin operasional membuka cabang,” kata Kepala Diskoperindag KSB, Nursin Rahman, Rabu 2 Maret 2022.

Sebelum dipulangkan, koperasi yang memberlakukan bunga pinjaman antara 40 hingga 50 persen tersebut diberikan deadline waktu untuk menyelesaikan penagihan, termasuk buku hariannya disegel. Nurdin menegaskan, koperasi baru bisa melakukan aktifitas setelah mengurus izin.

“Pemulangan 3 Koperasi yang belum memiliki izin, sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam membebaskan masyarakat dari praktek riba dan sebagai tertib administrasi,” jelas Nurdin.

Dia menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada 10 koperasi syariah yang sudah diaktifkan tahun ini, bekerjasama dengan masyarakat ekonomi syariah (MES) dan Baznas KSB sebagai penggerak dan pemberi solusi untuk masyarakat.(EZ)

Komentar