Menpora : Semua Provinsi Berpeluang jadi Tuan Rumah PON

KabarNTB, Sumbawa – Semua provinsi berpeluang menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar 2028 mendatang.

Hal itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali di Sumbawa, menanggapi kabar Provinsi NTB mengajukan diri sebagai tuan rumah olahraga nasional multy nomor tersebut.

Menpora Zainuddin Amali

Penilaian dari daerah yang mengajukan diri itu sambung menteri, tergantung pada kesiapan infrastruktur olagraganya. “Saya dengar dari gubernur, NTB serius jadi tuan rumah. Serius dalam arti, tidak semua fasilitas dibangun pusat. Tidak semuanya dibangun baru jelang PON. Tapi daerah sudah siapkan sebelumnya,” papar Menpora.

Ia menambahkan, sementara ini yang mengajukan diri sebagai tuan rumah tidak hanya NTB. Sejumlah daerah lain juga meminta hal yang sama. Diantaranya Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan NTT.

“Yang ikut bidding banyak. Nanti KONI yang nilai,” tandasnya.

Ditekannya, tuan rumah PON mendatang tak hanya satu provinsi. Tapi bisa menjadi ruan rumah bersama, seperti PON 2024 dimana Provinsi Aceh dan Sumut tuan rumahnya.
Hal ini, kata politisi Golkar itu, untuk percepatan pemerataaan semua provinsi menjadi tuan rumah.

“Bayangkan saja, kalau 34 provinsi tunggu 4 tahun, kira kira 100 tahun baru dapat lagi. Sekarang kita berfikir kalau bisa dipercepat lagi. Sehingga semua provinsi bisa jadi tuan rumah,” tandasnya.(IR)

Komentar