Antisipasi PMK, Pemdes Talonang Baru Terapkan Kebijakan Khusus Terkait Ternak

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pemerintah Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang menerapkan kebijakan khusus terkait lalu lintas hewan ternak untuk mengantisipasi masuknya penyakit mulut dan kuku (PMK) ke desa setempat.

Kepala Desa Talonang Baru, Budi Haryo, mengatakan, pasca terbitnya surat edaran Bupati KSB terkait pencegahan PMK, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan penerbitan larangan membawa masuk hewan ternak dari luar KSB melalui Talonang Baru dan larangan membawa keluar hewan ternak dari Talonang Baru ke daerah lain.

“Kalau surat edaran Pak Bupati masih diperkenankan hewan ternak keluar masuk asal dalam wilayah KSB. Tetapi kami melarang sama sekali. Artinya hewan ternak dari desa lain meski desa itu dalam wilayah KSB dilarang untuk dibawa ke Talonang, demikian pula sebaliknya,” tegas Budi Haryo, kepada wartawan Peserta Ekspedisi Talonang 2022 di lokasi Food Estate Desa Talonang Baru, Senin 22 Agustus 2022.

“Kalau ada warga yang ingin membeli ternak untuk dipotong untuk keperluan hajatan misalnya, wajib membeli ternak di desa ini, tidak boleh membeli ternak dari luar,” timpalnya.

Selain itu, pemerintah desa Bersama Babinsa dan Babhinkamtibmas, juga memperketat pengawasan di jalur masuk hewan ternak, khususnya dari kecamatan Lunyuk Sumbawa yang berbatasan langsung dengan Desa Talonang Baru.

“Pintu masuk dijaga ketat dan ditutup sama sekali, agar tidak ada hewan ternak dari daerah lain yang masuk ke wilayah KSB,” kata Budi.

Di Talonang Baru sendiri, peternakan merupakan salah satu mata pencaharian warga setempat disamping bertani. Berdasarkan data desa, saat ini populasi ternak jenis sapi yang teregistrasi di Desa Talonang Baru mencapai 1.000 ekor. Jumlah ini merupakan populasi ternak terbanyak di seluruh wilayah kecamatan Sekongkang.

“Kami sebagai pemerintah juga turut mensosialisasikan ke masyarakat terkait vaksinasi ternak sebagai antisipasi PMK. Alhamdulillah sekarang sudah mulai berjalan meski belum semua ternak disini divaksin. Tahap pertama baru 800 dosis vaksin dan kami yakin vaksin tidak terkendala karena pemeliharaan ternak disini semi intensif, dikandangkan,” demikian Kades Budi.

Desa Talonang Baru sendiri merupakan pintu masuk KSB dari wilayah selatan karena berbatasan langsung dengan Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa yang saat ini berstatus KLB PMK.(EZ)

Komentar