Perusahaan Asal Korsel Minat Garap Tambak Udang Bebas Karbon di Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Sebuah perusahaan asal Korea Selatan berminat menanam investasinya disektor pertambakan bebas karbon–investasi yang ramah lingkungan.

Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah yang menerima kedatangan perusahaan Korea itu menyampaikan potensi sektor perikanan Sumbawa.

“Potensi budidaya tambak udang di Sumbawa seluas 10.375 hektar. Yang sudah dimanfaatkan baru 3.695 hektar atau 35,62 persen,” terang H Mo sapaan akrab Mahmud Abdullah.

Dari luas tambak tersebut sambung H Mo, produksi udang pada tahun 2021 mencapai 127.000 ton yang sebagian besar produksinya dikirim keluar daerah.

Dikesempatan itu, H Mo juga mengungkapkan isu lingkungan dari investasi pertambakan yakni limbah yang terbuang keperairan umum.
Karena itu dia menyambut baik kehadiran investasi tambak yang ramah lingkungan hingga sumber daya alampun menjadi lestari.

Sementara itu, Direktur PT Icenergy institute, Ilyas Taufiqurrahman, menjelaskan perusahaannya berminat investasi budidaya tambak udang dengan sistem sistem ventilasi udara.

Dengan sistem yang ramah lingkungan itu kata Ilyas, air kolam tambak tak tercemar oleh pakan hingga bisa dimanfaatkan bila dibuang keperairan bebas.

Untuk menggerakkan ventilator udara itu sambung Ilyas, tak memerlukan energi yang besar. Pasokan listriknya cukup dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). (IR)

Komentar